BERITA KIM RONGGOLAWEPENDIDIKANPERISTIWATEKNOLOGI

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kumpulkan Komunitas Pemerhati Perpustakaan, Ini Harapannya

KIM Ronggolawe – Memajukan kabupaten Tuban lewat geliat literasi sudah menjadi tugas bersama setiap masyarakatnya. Untuk mewujudkan hal ini tentu dibutuhkan upaya sinergi bersama semua elemen masyarakat yang ada.

Hal ini pula yang mendorong Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban menggelar kegiatan REKOMPETA atau Rembug Komunitas Pemerhati Perpustakaan dengan tema “Literasi Berbasis Inklusi Sosial untuk Masyarakat” di Aula Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban, Selasa (19/03).

Kegiatan ini diharapkan bisa mewujudkan program – program pemberdayaan masyarakat yang positif, terutama di bidang literasi. Kegiatan rembug komunitas ini juga sudah dilakukan pada tahun sebelumnya.

Joko Prijono, SH, M.Hum, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Tuban menjelaskan, bahwa Dinas perpustakaan dan kearsipan Tuban sendiri memiliki banyak sekali program – program yang bermanfaat bagi masyarakat, diantaranya Perpusseru, Perpus keliling, layanan e-book digital, pembinaan desain grafis dan lain-lain. Termasuk program pelatihan terkait literasi yang bersinergi dengan komunitas – komunitas yang ada di Tuban.

“Dengan adanya rembug bersama komunitas-komunitas yang ada di Tuban ini harapannya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sendiri bisa mendapat masukan positif untuk pengembangan perpustakaan ke depan,” ungkap Joko dalam pengarahannya.

Pejabat yang juga dosen ini menambahkan, pada tahun 2019 ada sekitar 7 program pengembangan literasi yang telah masuk pos anggaran dinasnya. Semua program sinergi dengan komunitas-komunitas pemerhati literasi yang ada di Tuban.

Hadir dalam kegiatan itu berbagai komunitas pemerhati literasi di Tuban yakni, Komunitas Peloper Dongeng Anak Tuban (KOMPOR DONAT), Bunda Bikin di Rumah, IPNU – IPPNU Tuban, Tuban doodle Art, Jagongan Matoh, Komunitas Sanggar Sastra (KOSTRA), Seni Rupa SIRR, Gerakan Tuban Menulis, Kali Kening, Forum Lingkar Pena Tuban, Relawan TIK Tuban dan Blogger Tuban. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button