BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAPARIWISATAPERISTIWAPRODUK UNGGULAN

Ketua TP PKK Tuban Apresiasi Bukit Daun Milik Semen Indonesia

KIM Ronggolawe – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tuban Hj. Qodiriyah Fathul Huda didampingi jajaran pengurus TP PKK Tuban mengunjungi Taman Reklamasi Arboretum Bukit Daun di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Tuban, Jumat (5/4) lalu.

Saat berada di taman milik Semen Indonesia Pabrik Tuban tersebut, isteri dari Bupati Tuban Fathul Huda sangat mengapresiasi keberadaan taman bekas tambang batu kapur itu. ‘’Ini sangat bagus ya, bekas tambang batu kapur bisa menjadi tempat rekreasi seperti ini,’’ ungkapnya.

Menurutnya, selain sebagai sarana rekreasi untuk masyarakat, Arboretum Bukit Daun juga bisa digunakan sebagai sarana edukasi. Karena di tempat tersebut selain ada berbagai tanaman langka, juga ditanami berbagai tanaman obat-obatan.

‘’Selama ini saya baru tahu Bukit Daun ini dari Media Sosial (Medsos). Alhamdulillah hari ini bisa berkunjung ternyata bagus, rindang, dan nyaman. Pokoknya cocok untuk rekreasi apa lagi bersama keluarga,’’ tutur isteri orang nomor satu di jajaran Pemkab Tuban tersebut.

Ketua TP PKK Kabupaten Tuban tersebut juga berharap apa yang telah dilakukan oleh Semen Indonesia ini dapat menjadi contoh perusahaan lainnya yang melakukan kegiatan tambang di Bumi Wali. Lahan bekas tambang dikembalikan menjadi zona hijau, bahkan bisa menjadi tempat rekreasi. ‘’Kita berharap semua masyarakat yang melakukan kegiatan pertambangan jika sudah selesai dapat direklamasi dan dijadikan tempat wisata seperti ini,’’ tuturnya.

Sementara itu Senior Manager of Public Relation & CSR Semen Indonesia, Setiawan Prastiyo menjelaskan, di Arboretum Bukit Daun ada beberapa tanaman langka yang juga tidak banyak dijumpai di tempat lain, seperti kawista, damar, gaharu, ulin, kurma, dan beberapa tanaman lainnya.

‘’Selain itu, kita juga menamam berbagai tanaman obat, seperti sereh, jahe, kunyit, dan berbagai tanaman obat lainnya,’’ ujar Iwan panggilan akrab Setiawan Prastiyo.

Menurutnya, dengan adanya Arboretum Bukit Daun atau Taman Reklamasi tersebut merupakan salah satu bukti bahwa Semen Indonesia merupakan perusahaan semen yang memperhatikan keberlangsungan lingkungan.

‘’Jadi kami berupaya keberadaan Pabrik Tuban ini dapat bermanfaat pula untuk masyarakat sekitarnya, serta terjalin harmonisasi bersama masyarakat dan lingkungan,’’ pungkasnya. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button