Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Matangkan Persiapan Tuan Rumah Porprov VI, Penyelenggara Maksimalkan Peran Volunteer

Matangkan Persiapan Tuan Rumah Porprov VI, Penyelenggara Maksimalkan Peran Volunteer

12 Juni 2019 3:29 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Guna mensukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur 2019, Kabupaten Tuban sebagai salah satu tuan rumah terus memaksimalkan persiapan, termasuk diantaranya peran Volunteer (sukarelawan).

Event Porprov VI Jatim 2019 yang akan dilaksanakan pada 6 sampai 13 Juli 2019 itu, akan menjadi ajang pembuktian bahwa Kabupaten Tuban siap menjadi tuan rumah yang baik bagi kabupaten/kota yang akan singgah di Bumi Wali Tuban.

Listyo Utomo, SH, ST Kabid Kepemudaan pada Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan, secara definitif Porprov Jatim 2019 memang dilaksanakan pada 6 – 13 Juli 2019, namun demikian unsur penugasan yang sifatnya nonteknis, utamanya volunteer (sukarelawan) yang berperan penting mensukseskan event ini akan dipersiapkan sejak 27 Juni 2019.

“Peran volunteer sangat dominan, apabila terjadi error volunteer bisa berakibat sebuah kompetisi bisa gagal. Misal kita telat memberikan pelayanan, atau servis terkait pertandingan, atau nonteknis seperti penginapan, dan kegiatan lainnya yang sifatnya non lomba itu sangat berdampak pada kegiatan perlombaan,” kata pejabat yang juga seniman ini, Rabu (12/06).

Untuk itu, pihaknya akan memberikan pemahaman dan pembekalan agar para volunteer bisa tahu tugas dan fungsinya, dan harapannya kelancaran kegiatan khususnya yang bersifat nonteknis bisa berhasil sesuai rencana dan tidak ada masalah serta hambatan.

“Volunteer yang kita rekrut sejumlah 120 orang putra dan putri yang berasal dari OKP (Organisasi Kepemudaan) ada dari unsur Karang Taruna, Pemuda Pelopor, Relawan Muda Tanggap Bencana, Pemuda Harapan, dan komunitas muda lainnya serta dari media,” ungkap Pak Lis sapaannya.

Menurutnya, peran volunteer tidak hanya memberikan guide (panduan) terkait kelancaran even, tetapi juga follow up setiap kegiatan dan bisa memberikan dukungan informasi tentang hasil pertandingan dan bisa diolah sebagai informasi pendukung atau berita di media center.

“Kita perkirakan 27 Juni nanti rombongan kontingen kabupaten/kota sudah ada yang datang, sehingga kita harus stanby lebih awal termasuk nonteknis lainnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaannya nanti, di Kabupaten Tuban sendiri terdapat 12 Cabor yang akan dipertandingkan, yaitu sepakbola, balap sepeda, tinju, sepatu roda, bola voli pantai, karate, bulutangkis, tenis lapangan, kempo, futsal, paralayang, dan atletik. Adapun pembukaan Porprov Jatim akan dilaksanakan pada 6 Juli 2019 di Stadion Surajaya Lamongan, sedangkan untuk penutupan akan dilaksanakan di Stadion Bumi Wali Kabupaten Tuban pada 13 Juli 2019.

Adapun venue yang disiapkan untuk Porprov Jatim terdiri dari Stadion Bumi Wali, Lapangan Tenis Pemkab Tuban, GOR Tuban, Alun-alun Tuban, Gedung Budaya Loka, Graha Sandiya PT.Semen Gresik, Bukit Glodakan Kerek, Tanah Mas Sport (Kompleks Mangrove Center Tuban), dan Gajah Futsal. Untuk kesiapannya sendiri sudah dicek secara langsung oleh Pengurus KONI Jatim pada 12 venue tersebut. Dan dinyatakan bahwa Kabupaten Tuban sudah sangat siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Porprov VI Jatim 2019. [CH/AM]

Komentar Facebook