Isak Tangis Warnai Sunatan Massal Haul Agung Asmoroqondi

BERITA KIM RONGGOLAWE PERISTIWA

KIM Ronggolawe -Sebagai agenda rutin tahunan setiap pelaksanaan Haul Agung Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondie, Palang, Tuban, panitia menggelar kegiatan Khitan Masal, di depan masjid setempat, Senin (24/06).

Peserta sunatan massal yang mayoritas para pelajar Sekolah Dasar ini, diikuti sedikitnya 133 peserta dari berbagai daerah.

Tampak dari pantauan reporter saat berada di lokasi para peserta yang didampingi orang tua masing-masing berjejer antri sejak pagi menunggu giliran disunat.

Bahkan tak sedikit dari mereka menangis histeris kesakitan usai calak secara bergantian melakukan sunat. “Rasanya (khitan) seperti digigit semut,” kata Mohammad Viva Yoga Mahadi, salah satu peserta sunatan massal.

Tarsiman, seksi khitan panitia Haul Agung Sunan Asmoroqondie mengatakan, sunatan masal ini diikuti dari berbagai daerah. “Jumlah peserta 133 anak, mereka ada dari Surabaya, Lamongan, Bojonegoro, Tuban,” kata pria yang juga sebagai pemandu wisata religi ini.

Pihaknya juga menegaskan, bahwa khitan ini gratis alias tidak dipungut biaya. Bahkan, kata dia para peserta mendapat seragam dan uang santunan dari panitia dan para dermawan yang turut hadir menyaksikan acara ini. [CH/AM]