BERITA KIM RONGGOLAWEPERISTIWA

Ratusan Nelayan Tuban Ikuti Seminar KKP Di Mangrove Center Tuban

KIM Ronggolawe – Ratusan nelayan Kecamatan Jenu ikuti seminar dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) tentang kebersihan laut dan UKM di Mangrove Center Tuban, Minggu (16/6) pagi.

Acara seminar bertemakan “Bumi Wali Cinta Bahari ” menjadi pijakan bagi nelayan untuk mengetahui tentang kebersihan dan kegunaan hasil laut. Dalam materinya di titik beratkan pada manfaat laut yang bersih serta rencana zonasi laut dan pengaturan lego jangkar.

Pada sesi tanya jawab, Ketua Rukun Nelayan, Desa Beji, Kecamatan Jenu, Tuban, Soleh juga mengutarakn bahwa dewasa ini bnyak nelayan mengeluh akan banyaknya perahu dan tongkang yang jangkar tidak pada tempatnya. Sebagian Anak Buah Kapal (ABK) berdalih menghindari ganasnya ombak ketika cuaca buruk. Akn tetapi disisi lain, mengganggu jalannya nelayan yabg hendak melaut, karena kapal terparkir di lalu lintas nelayan.

“kita sering mengajukan keberatan, baik dengan surat atau lisan kepada perusahan kapal. Namun tidak ada balasan dan terkesan tidak mau tahu, mohon dijelaskan, ” tanya soleh.

Menanggapai pertanyaan itu, Perwakilan Dirjen Pengelolaan ruang laut, Pendayagunaan Pesisir dan Pulau pulau Kecil, Kementrian Kelautan dan Perikanan, Hendi Koespramudya menjelaskan. Bahwa sampah laut di perairan Indonesia menduduki peringkat Ke 2 dunia. Hal ini menjadi garis merah agar penanganannya bisa teratasi maskimal. Melalui kampanye dan sosialisasi dinilai efektif memerangi rendahnya kesadaran akan sampah.

“memang sampah ini menjadi urusan bersama dan harus kita sadari agar tidak lagi mengotori laut. Laut bukan keranjang sampah, maka bisa dicegah dengan daur ulang hingga meminimalisirnya, ” terangnya.

Lanjut Hendi, Ditengah merebaknya kemajuan industrialisasi di Kabupaten Tuban banyak menggunakan lahan pasif di bantaran pantai laut utara. Otomatis hal itu akan menggunakan lahan perairan pantai. Pihaknya, juga menelorkan aturan tentang zonasisasi ruang jangkar.

“agar tidak menggangu nelayan melaut, kami juga mengatur tentang zona kapal untuk jangkar agar tidak sembarangan. Sebab bisa menggangu nelayan, ” ujarnya.

Acara yang digagas oleh Paguyuban Nelayan Bahari Tuban itu juga memperhatikan adanya UKM yang menggunakan bahan baku ikan. Seperti pengolahan ikan asap hingga olahan bahan mentah dari ikan. Berkesempatan dalam hal ini, UKM Srikaton Mandiri, Desa Beji, Kecamatan Jenu dijadikan jujugan. Dalam lawatan Dirjen PRL, kementrian Kelautan dan Perikanan tersebut melihat secara langsung pembuatan olahan kerupuk dan bakso.

Usaha binaan Suendah dengan label Srikaton Mandiri itu menjadi percontohan UKM yang dinilai sukses. Sebab, omset dan hasil olahannya berhasil tembus ke pasar lokal dan regional. Hasil olahan ikan berupa kerupuk dan bakso varian segala jenis ikan menyita perhatian pihak KKP.

“ini usaha pribadi awalnya. Terus kami gethok tularkan (ajarkan) kepada tetangga dan ibu-ibu di sekitar. Hasilnya alhamdulillah, olahan jajanan kami bisa disukai konsumen, ” jelas Suendah di lokasi usahanya. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button