Warga Desa Hargoretno Antusias Ikuti Sosialisasi Survei Seismik 3D PT. Pertamina

Warga Desa Hargoretno Antusias Ikuti Sosialisasi Survei Seismik 3D PT. Pertamina

KIM Ronggolawe – Warga Desa Hargoretno Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, Senin siang (29/07) mendapatkan sosialisasi survei seismik 3D Blok Tuban dari PT. Pertamina Hulu Energi Tuban East Java.

Desa Hargoretno sendiri merupakan salah satu dari ketujuh desa di Kecamatan Kerek yang termasuk menjadi lintasan proyek siesmik bersamaan dengan Desa Kasiman, Desa Karanglo, Desa Padasan, Desa Temayang, Desa Sumberarum dan Desa Margomulyo.

Proyek survei seismik yang rencanaya dilaksanakan pada bulan Agustus tersebut menurut Novian Kurnia Putra selaku Humas Sosialisasi survei seismik PT. Pertamina bertujuan untuk mendapatkan data lapisan bawah bumi, sehingga dapat diketahui lokasi potensi Migas.

“Survei seismik ini merupakan tahapan awal dari eksplorasi Migas, dan hanya bersifat numpang lewat tidak ada pembebasan lahan,” ujar Novian.

Lebih lanjut Novian mengatakan jika pihak survei seismik juga akan melakukan pendataan lahan dan bangunan dengan didampingi oleh aparat Pemerintah Desa.

“Apabila nanti ada lahan yang mengalami kerusakan akibat kegiatan survei nanti pembayaran kompensasi akan diserahkan langsung kepada pemilik/penggarap lahan,” kata pria asal Kota Surabaya itu.

” Kami berharap dukungan dan kerjasama dari masyarakat agar kegiatan survei seismik ini dapat berjalan lancar dan aman,” tutup pria berkacamata itu.

Dalam kesempatan yang sama sekitar 34 warga yang lahanya bakal terkena lintasan proyek tersebut nampak antusias mengikuti jalanya sosialisasi, terbukti tak satupun dari warga yang hadir mengajukan protes keberatan dengan adanya proyek tersebut.

Sementara itu Kepala Desa Hargoretno Sujono, berharap dengan adanya kegiatan proyek survei seismik ini dapat
Berjalan lancar, dan sehingga nantinya dapat memberdayakan warga lokal.

” Saya berharap survei seismik ini dapat berjalan dengan lancar dan apabila nantinya ditemukan kandungan minyak, warga dapat berkontribusi dalam kegiatan tersebut,” harap pria yang tahun ini terpilih kembali menjadi orang nomor satu di Desa Hargoretno itu. [AM/HA]