Kemenag dan Tim BHR Kabupaten Tuban Pantau Hilal awal Dzulhijjah 1440 H

BERITA KIM RONGGOLAWE PEMERINTAHAN PERISTIWA

KIM Ronggolawe– Untuk menentukan awal bulan Dzulhijjah 1440 H/2019 M, Kantor Kemenag Tuban bersama Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban telah menggelar rukyatul hilal di lokasi bukit menara rukyat Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Kamis (01/08) petang.

Penyelenggara Syariah, Mashari,
sebagai leading sektor pelaksana rukyatul hilal dari kantor Kemenag Tuban melaporkan, bahwa tim rukyat sore ini tidak berhasil melihat hilal karena cuaca yang tidak mendukung yakni tertutup kabut tebal. Meski menurut ilmu hisab ketinggian hilal sudah imkanurrukyah.

“Dengan demikian, awal bulan Dzulhijjah 1440 hijriyah kita tetap menunggu hasil sidang isbat (penetapan) dari pemerintah melalui Menteri Agama RI yang diselenggarakan malam ini,” ujar pria asal kota soto ini.

Sementara itu, Kepala Kemenag Tuban H. Sahid, mengatakan via telepon, meski hasil rukyatul hilal tidak berhasil tetap memberikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan rukyatul hilal kali ini untuk penentuan awal bulan Dzulhijjah 1440 H.

“Pelaksanaan rukyatul hilal itu penting dan tidak hanya sekali ini saja, sebab hal itu berkaitan dengan ibadah dimana hasilnya terdapat penentuan awal bulan qomariyah,” tambahnya.

Selanjutnya, Sahid menyampaikan bahwa hasil rukyatul hilal sore ini oleh tim akan di laporkan langsung kepada Menteri Agama RI melalui Kantor Wilayah Kemenag Prov. Jatim di Surabaya sebagai bahan pertimbangan saat sidang itsbat di Jakarta untuk menentukan awal bulan Dzulhijjah 1440 H/2019 M. [CH/AM]