Berdayakan WBP , Pertamina EP dan Lapas Tuban Jalin Kerjasama

BERITA KIM RONGGOLAWE PERISTIWA

KIM Ronggolawe-Pertamina EP Asset 4 Field Cepu bersama Lapas Kelas IIB Tuban jalin kerjasama untuk memberdayakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas setempat, melalui kegiatan budidaya ayam petelur dan penyulingan minyak kayu putih.

Kegiatan budidaya tersebut difokuskan di Wahana Asimilasi Edukasi (WAE) Lapas Kelas IIB Tuban yang berlokasi di lahan milik BKPH Merakurak, Tuban.

Bimbingan pengembangan PT Pertamina EP Asset Field 4 Cepu di WAE Lapas Tuban tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama (MoU) dan peresmian pembangunan penyulingan minyak kayu putih serta peletakan batu pertama pembuatan kandang ayam petelur, Senin, (05/08).

General Manager (GM) Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Agus Amperiyanto, menyampaikan, pada dasarnya pihaknya mendukung semua kegiatan yang berdampak pada manfaat masyarakat, khususnya kegiatan budidaya di WAE oleh Lapas Tuban yang sangat baik.

Pertamina melihat kegiatan tersebut bisa memberikan bekal keterampilan dan ilmu pengetahuan bagi WBP, yang nantinya bisa diaplikasikan ketika sudah bebas.

“Kita melihat WAE ini sangat baik dan bermanfaat bagi WBP serta masyarakat umum, karena itu Pertamina mendukung penuh konsep revitalisasi pemasyarakatan yang dilakukan Lapas Tuban,” beber Amperiyanto.

Ditambahkan olehnya, sebagai bentuk komitmen bersama, Pertamina bersama Lapas Tuban menandatangani MoU bantuan kerjasama berupa pembangunan kandang ayam dan infrastruktur penyulingan minyak kayu putih.

Amperiyanto berharap, WAE tersebut bisa konsisten memberdayakan WBP di Lapas Tuban. “Kita ingin program ini terus berkembang dan meluas sehingga membawa manfaat yang banyak bagi semua masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kalapas Tuban, Sugeng Indrawan, menyampaikan terima kasih kepada Pertamina EP yang sudah mendukung kegiatan pemberdayaan WBP di WAE tersebut.

Melalui program tersebut, Kalapas ingin menegaskan kepada masyarakat umum bahwa WBP juga manusia biasa yang memiliki keterampilan dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Dengan WAE ini Kita ingin agar WBP kita terampil dan produktif. Jadi suatu saat bebas nanti mereka bisa membawa manfaat yang baik di tengah masyarakat umum,” papar Sugeng.

Disampaikan Sugeng, setidaknya atas peran WBP Lapas Tuban, WAE kini memiliki berbagai macam budidaya yang bisa diunggulkan, seperti Budidaya ayam petelur, budidaya kelinci, perkebunan, budidaya ikan lele dan penyulingan minyak kayu putih.

Sugeng berharap, adanya dukungan Pertamina EP semakin mengembangkan kegiatan Lapas Tuban di lahan Perhutani Merakurak. Sehingga pemberdayaan WBP berjalan sukses dan sesuai harapan. [CH/AM]