Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Waow .. Dalam Sehari Ada 6 Janda Baru di Tuban

Waow .. Dalam Sehari Ada 6 Janda Baru di Tuban

8 Agustus 2019 3:18 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe – Kemenag Tuban terus mendengungkan kegiatan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin. Kali ini kegiatan di aula KUA kecamatan Rengel, angkatan ke XXII, dengan peserta 18 pasang Kamis (08/08).

Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Drs. Sahid, MM dalam arahannya menjelaskan beberapa alasan Kemenag menyelenggarakan kegiatan ini, diantaranya agar yang menikah menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah dan untuk menekan angka perceraian, yang makin melesat angkanya.

“Menurut hasil survei nasional, perceraian 70 persen dari pihak perempuan yang menggugat sedangkan talak laki-laki hanya 30 persen. Tahun 2011 pasangan menikah 2.319.821 orang dan yang cerai 258.119 ada sekitar 11 persen. Tahun 2012 pasangan menikah 2.29.265 orang, pasangan cerai 324.527 orang sehingga mengalami kenaikan 26 persen, jika di ambil rata-rata setiap bulan ada 2.557 orang yang cerai, setiap hari cerai 959 orang, tiap jam cerai 40 orang. Sedangkan kalau di Kabupaten Tuban setiap hari 6 wanita menjanda,” paparnya.

Pria asal kota pudak ini juga berharap agar kegiatan ini diikuti sampai paripurna selama 2 hari ke depan.

“Di Malaysia bimbingan perkawinan di laksanakan satu tahun, setelahnya baru bisa menikah. Mohon kegiatan diikuti sampai paripurna,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sahid berpesan kepada calon pengantin yang mengikuti bimbingan harus menjadi pembeda dengan pengantin yang tidak di bimbing, harus menjadi contoh bagi lingkungannya. Kesampingkan ego, saling berebut untuk meminta maaf dan saling berebut menyalahkan diri sendiri. Insyaallah perkawinan kekal sampai kakek nenek. Semua permasalahan harus dirundingkan dan dikomunikasikan jangan didiamkan.

Sementara itu kepala KUA kecamatan Rengel, Kasdikin menganjurkan kepada calon pengantin untuk santai, yang penting sampai pada tujuan bimbingan perkawinan.

“Dari 100 orang yang daftar nikah, yang hadir di sini yang beruntung, sekitar 18 pasang calon pengantin,” pungkasnya. [CH/AM]

Komentar Facebook