Sidak Penjual Hewan Kurban, Sejumlah Hewan Ditemukan Belum Cukup Umur

Sidak Penjual Hewan Kurban, Sejumlah Hewan Ditemukan Belum Cukup Umur

KIM Ronggolawe– Sebagai upaya guna memastikan kesehatan dan kelayakan hewan kurban di pasaran, Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, menggelar Inspeksi Mendadak (sidak) di beberapa tempat penjual hewan kurban, Jumat (09/08).

Salah satu tempat yang di sidak diantaranya penjual hewan kurban yang berada di Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban kota, yang menyediakan sapi, kambing dan domba untuk Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah.

Drh. Basoeki Cahyono, Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban saat terjun langsung di lokasi menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka menyongsong Hari Raya Kurban, pihaknya melakukan pemeriksaan di tempat-tempat pengepul hewan kurban yang akan dipotong.

“Masih banyak pengepul hewan kurban yang belum paham bagaimana hewan kurban yang baik dan memenuhi kriteria aman untuk dikonsumsi, sehingga perlu dilakukan sidak ini,” katanya.

Ada beberapa kriteria dan syarat hewan kurban yang ia maksud, termasuk apakah hewan tersebut cukup umur, dan ternyata masih dijumpai pihaknya ada yang belum cukup umur untuk dijadikan hewan kurban.

“Selain itu, kita juga memeriksa kesehatannya, mulai dari kulit, hidung, mata bersih, nafsu makannya, area mulut dan anusnya. Antara normal dan tidak normal kesehatannya akan terlihat disitu,” tutur dokter hewan ini.

Dan jika ditemukan hewan kurban tidak sehat atau tidak memenuhi syarat, pihaknya merekomendasikan untuk diganti oleh pihak penjual, agar pihak pembeli tidak dirugikan.

“Hasil sidak ini kita temukan, dari total 9 sapi hanya 3 ekor yang memenuhi syarat, kemudian dari total 90 kambing dan domba ditemukan 2 ekor yang anggota tubuhnya tidak lengkap,” imbuhnya.

Selain di penjual hewan kurban yang berada di Kelurahan Perbon, pihaknya juga berencana melakukan sidak di sentra peternakan sapi di Desa Kowang Kecamatan Semanding, dan beberapa sampling di masjid-masjid. [CH/AM]