Pengajian Gus Miftah Awali Pembukaan Festival Muharram Tuban

BERITA KIM RONGGOLAWE BUDAYA HIBURAN

KIM Ronggolawe– Festival Muharram ke 1441 Hijriah Kabupaten Tuban resmi dibuka, Sabtu, 31 Agustus 2019. Pembukaan dilaksanakan di Alun-alun Kota Tuban dengan menggelar pengajian bersama dengan Bupati Tuban yang mengundang KH. Miftah Maulana Habiburrahman atau biasa di sapa Gus Miftah.

Didepan ribuan jama’ah yang datang, Bupati Tuban H. Fathul Huda menyampaikan tentang keutamaan bulan Muharram, yang merupakan bulan teristimewa setelah bulan suci ramadhan.

Bupati berharap dengan kegiatan pembukaan fertival Muharam dengan pengajian bersama tersebut, bisa meningkatkan kualitas keagamaan dan kemanusiaan kita semua.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat. “Saya sangat memberikan apresiasi kepada semua dinas dan semua pihak yang terlibat, sehingga acara ini bisa terlaksana. Semoga semua dapat barokahnya,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan agar seluruh masyarakat tidak mudah terprovokasi terhadap isu-isu yang saat ini marak terjadi.
“Manusia itu sama dan satu, dilahirkan sama sama dari rahim ibu. Semua bersaudara,” seru bupati. Bupati menyerukan untuk menjaga persatuan untuk negara NKRI tercinta.

Sementara itu dalam pengajiannya Gus Miftah menjelaskan tentang keutamaan bulan Muharram, yang sebagian orang salah dalam mengartikannya dan menghubungkan dengan hal-hal mistis.
selain itu melihat sebagian Jamaah pengajian yang hadir adalah anak muda, Gus Miftah banyak menceritakan perjalanan kehidupannya di masa muda dulu. “jika melihat kesuksesan seseorang janganlah lihat hasilnya tetapi fokuslah pada prosesnya” ujar ulama asal Jogjakarta ini.

Ditengah acara Gus Miftah meminta untuk mematikan lampu yang ada Di Alun-alun Tuban dan kepada seluruh yang hadir untuk menyalakan lampu flash yang ada di Handphone. Dengan syahdu secara bersama-sama menyanyikan Sholawat Nabi dan juga lagu-lagu perjuangan untuk membangkitkan rasa nasionalisme.

Untuk diketahui bahwa dalam Festival Muharram 1441 H. Pemkab Tuban melalui Bagian Kesra Setda Kabupaten Tuban akan menggelar berbagai acara seperti Lomba Nasyid, Da’i dan Da’iyah, Festival Qosidah Modern dan Festival Band Musik Islami Pelajar yang akan dilaksanakan dari tanggal 1 sampai 15 September 2019. [CH/AM]