Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Tinjau Stand TIK KIM Ronggolawe, Wagub Emil Apresiasi Capaian Penghargaanya

Tinjau Stand TIK KIM Ronggolawe, Wagub Emil Apresiasi Capaian Penghargaanya

2 Oktober 2019 1:09 am | diplublikasikan oleh |
KIM Ronggolawe – Jatim Kominfo Festival (JKF) 2019 resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, di GOR Ki Mageti Kabupaten Magetan, Selasa (01/10).
Pada kesempatan ini Wagub meminta agar para milenial cerdas dalam menyikapi perkembangan serta menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Menurutnya, masyarakat tidak bisa lepas dengan komunikasi dan Informatika (Kominfo), karena keseharian masyarakat selalu bersentuhan dengan Kominfo.
“Di era dimana semua masyarakat mempunyai gadget dengan kemudahan akses data, maka diharapkan masyarakat bisa lebih melek lagidengan peluang yang ada,” ujarnya.
Selain itu masyarakat sebaiknya bisa memberikan ekosistem yang positif di era digital ini, ekosistem yang benar-benar mendukung agar hoax tidak menyebar. Karena seyogyanya internet bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat, serta menggali peluang-peluang bagus dalam kehidupan, baik di bidang ekonomi, pendidikan, maupun bidang-bidanglainnya.
Namun begitu, kata Wagub, masyarakat juga ingin ada keterbukaan informasi, karena itu pemerintah harus seterbuka mungkin menerima aspirasi dan program melalui jalur-jalur Kominfo.
Wagub pun mengingatkan bahwa kini Pemprov Jatim mempunyai aplikasi Jatim Cettar, yakni sebuah aplikasi pengaduan yang terintegrasi dengan organisasi perangkat daerah dan pekab/pemkot.
“Di aplikasi ini masyarakat bisa memberitahu apa saja yang terjadi di Jawa Timur, atau sekedar untuk wadul dan lainnya,” ujarnya.
Bati Magetan, Suprawoto, mengatakan bahwasebuah kehormatan dimana Magetan magetan tuan rumah JKF tahun ini. Apalagi festival kali ini adalah festival di era millenial.
“Kami mendukung acara ini. Semoga melalui festival ini bidang kominfo memberi kontribusi terhadap perkembangan komunikasi dan teknologi informasi nasional,” katanya.
Inspektur Jendral Kemenkominfo, Doddy Setiadi, mengatakan saat ini penetrasi internet di Indonesia bertambah secara siginifakan. Hingga tahun 2017 tercatat 60% pnduduk Indonesia merupakan pengguna internet aktif.
Sedangkan pulau Jawa merupakan merupakan pulau dengan penduduk paling banyak aktif menggunakan internet, disusul Sumatra, Papua  dan daerah lainnya.
Doddy mengimbau, bahwa penggunaan internet diperlukan kecerdasan dalam pemanfaatna media, maka dari itu JKF adalah salah satu media yang menyediakan interaksi agar masyarakat tau bagaimana menggunakan TIK dengan benar dalam berkehidupan.
“Ini menjadi tugas utama Kementerian Kominfo. Kami akan terus menerus melakukan upaya kerjasama dengan berbagai pihak,” katanya.
Selepas membuka JKF 2019 Wabub Emil juga berkesempatan meninjua stand  pameran TIK dari KIM Ronggolawe yang disambut oleh Kepala Bidang Komunikasi Informasi Publik dan Sekretaris Dinas Kominfo Tuban.
Wabub juga mengapresiasi dua penghargaan yang telah diraih oleh KIM Ronggolawe dalam ajang Anugrah Pewarta Warga (APW) Jatim 2019 beberapa waktu lalu. [AM/Kominfo Jatim]
Komentar Facebook