Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2019, Kapolres: 8 Prioritas Pelangggaran Lalu Lintas

Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2019, Kapolres: 8 Prioritas Pelangggaran Lalu Lintas

23 Oktober 2019 3:23 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe– Kepolisian Resort (Polres) Tuban menggelar Apel pasukan Operasi Zebra Semeru 2019, di halaman Mapolres setempat, Rabu (23/10).

Hadir dalam apel tersebut jajaran Forkopimda Tuban, jajaran Pejabat Utama Polres, anggota Kodim 0811, anggota Dishub, anggota Satpol PP Tuban. Bertindak sebagai pimpinan apel AKBP Nanang Haryono, Kapolres Tuban.

AKBP Nanang Haryono, dalam sambutannya menyampaikan, berdasarkan Anev Ditlantas Polda Jatim angka Laka Lantas di Jatim masih cukup tinggi dan bahkan cenderung mengalami kenaikan.

“Jumlah Laka Lantas pada tahun 2018 18.649 kasus dan 2019 sebesar 19.416 kasus atau naik 4,11 persen. Sedangkan data pelanggaran Lalu Lintas tahun 2019 dibandingkan tahun 2018 mengalami penurunan sebesar 3,67 persen,” papar Kapolres Tuban.

Perwira asli Kota Ledre Bojonegoro ini mengatakan, menurutnya masih terdapat beberapa permasalahan terutama pada saat arus balik yaitu adanya kemacetan panjang yang dikeluhkan oleh masyarakat, hal tersebut terjadi selain peningkatan volume kendaraan juga kurangnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Pihaknya menegaskan, Sasaran “OPS Zebra Semeru 2019” diprioritaskan terhadap 8 prioritas pelanggaran Lalu Lintas yaitu: pertama, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar. Kedua, pengendara ranmor R4 atau lebih yang tidak menggunakan Safety Belt (sabuk pengaman). Ketiga, pengendara yang melebihi batas kecepatan. Keempat, mengemudikan ranmor dalam pengaruh alkohol. Kelima, menggunakan Handphone pada saat mengemudikan kendaraan. Keenam, melawan arus. Ketujuh, keabsahan surat-surat ranmor dan pengemudi. Kedelapan, pengendara anak di bawah umur.

Jadi, bisa sampaikan, maksud dan tujuan Ops Zebra Semeru 2019 adalah untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya. Kemudian, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan Lalu Lintas.

“Dan juga untuk menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan Lalu Lintas dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polisi dengan terbentuknya opini dan citra tertib berlalu Lintas,” pungkasnya.

Usai menyampaikan amanat, Kapolres Tuban menyematkan tanda pita operasi kepada salah satu peserta apel Ops Zebra Semeru 2019 yang akan dilaksanakan mulai Rabu, 23 Oktober 2019 hingga Selasa, 05 November 2019. [CH/AM]

Komentar Facebook