BUMDes Bahari Sejahtera Salurkan Bansos

BUMDes Bahari Sejahtera Salurkan Bansos

KIM Ronggolawe– Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bahari sejahtera Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban memberikan bantuan sosial buat warga yang kurang mampu.

Pembagian Bantuan Sosial (Bansos) dalam bentuk sembako ini baru yang pertama kali dalam tahun anggaran 2019. Sembako awal dibagikan dengan jumlah yang sama dengan penerima kurang lebih 100 jiwa.

Sebagai lembaga ekonomi baru yang beroperasi di Desa Karangagung Kecamatan Palang, BUMDes Bahari Sejahtera ditopang kebijakan pemerintah desa yang memadai, diharapkan mampu menyokong pertumbuhan ekonomi yang didukung dengan pemerataan distribusi aset kepada rakyat semakin luas.

“Untuk saat ini, unit BUMDes mengelola tiga usaha yaitu supleyer Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Agen BNI 46, pengelolaan gedung serbaguna sport center, pengelolaan kios dan los Desa,” kata penasehat BUMDes Bahari Sejahtera, Aji Agus Wiyoto, Senin (28/10).

Aji Agus wiyoto yang juga terpilih menjadi kepala desa periode 2019-2025 ini memaparkan, lembaga yang ia bina saat ini berdiri pada akhir tahun 2017. Dalam operasionalisasinya ditopang oleh Lembaga Keuangan Desa bidang pembiayaan.

Aji menambahkan, kegiatan sosial ini diwujudkan sebagai implementasi Undang-Undang (UU) Desa Nomor 6 Tahun 2014. Sebab di pasal 89 mendesak, hasil usaha BUMDes dimanfaatkan untuk pengembangan usaha dan pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat desa, serta bantuan – bantuan bagi masyarakat melalui bantuan sosial, dan masih banyak yang lainnya.

“Semua ini terwujud karena kerjasama yang kompak antara jajaran pimpinan juga pengurus BUMDes dan kerjasama dengan Pemdes Karangagung, juga dukungan dari masyarakat yang luar biasa, sebagaimana visi misi bupati Tuban dalam pengentasan kemiskinan,” imbuhnya.

Aji berharap, di tahun 2020 yang akan datang laba BUMDes bisa bertambah sehingga manfaatnya bisa dirasakan desa dan masyarakat Karangagung khususnya.

Untuk diketahui, omset BUMDes selama 2018 lalu sebesar Rp 43 juta, dan mampu menyumbang Pendapatan Asli Desa (PAD) sebesar Rp 18,5 juta, dan dari PAD inilah alokasi Bansos 2019. [CH/AM]