Tim Akreditasi SNARS, Kunjungan ke RSUD dr R Koesma Tuban

Tim Akreditasi SNARS, Kunjungan ke RSUD dr R Koesma Tuban

KIM Ronggolawe – Bupati Tuban H Fathul Huda menghadiri upacara pembukaan Akreditasi RSUD dr. R. Koesma Tuban, Senin (04/11) di Aula Ronggolawe RSUD Koesma Tuban.

Akreditasi kali dilakukan oleh tim Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), bersifat independen dan mengacu pada Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS). Turut hadir pada kegiatan ini Direktur RSUD bersama pengurus dan pegawai.

Dalam sambutannya, Bupati Huda menyampaikan pada Renstra Pemkab Tuban, RSUD Koesma ditetapkan menjadi pusat rujukan, pelayanan, dan pendidikan kesehatan dengan mengutamakan keselamatan dan kepuasan pasien.
RSUD Koesma senantiasa mengutamakan pelayanan masyarakat. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Kabupaten Tuban tahun 2018 tergolong BAIK.

“Untuk menjaga mutu kualitas pelayanan maka diperlukan diadakan akreditasi 3 tahun sekali,” ungkapnya.
Lebih lanjut, RSUD Koesma juga telah dilakukan survei Kemenpan-RB RI kaitannya dengan Pelayanan Publik secara kontinyu. Pada tahun 2017, berdasarkan penilaian Kemenpan-RB RI memperoleh 75,25 dan di tahun 2018 meraih skor 82,85. Selain itu, pada tahun 2016 RSUD dr. R. Koesma lulus Akreditasi Paripurna.

Bupati juga menekankan, agar melakukan evaluasi mutu pelayanan secara terus menerus, dan akan menjadikan penilaian akreditasi sebagai budaya kerja. Serta, sebagai ikhtiar untuk mewujudkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan lebih baik.

“Kami berpesan agar pegawai RSUD terus bersemangat dalam menjalankan tugasnya. Diniatkan untuk mengabdi dan memberi pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.
Orang nomor satu di Bumi Wali ini berharap tim survei mendapatkan kesan positif selama menjalankan tugas di RSUD dr. R. Koesma.

Sementara itu, Ketua tim survey KARS, dr. Riyanti Pangesti, MHA., bersyukur karena dapat berkunjung di RSUD dr. R. Koesma Tuban. Tim survey terdiri dari 6 orang dan akan bertugas selama 5 hari, mulai 04-08 November. Pegawai RSUD Koesma Tuban diminta tidak tegang dan stres selama proses penilaian akreditasi.
“Kami akan bertugas dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD dr. R. Koesma Tuban, dr. Saiful Hadi., menerangkan dan menekankan bahwa sebagai rumah sakit kebanggaan Kabupaten Tuban, RSUD dr. R. Koesma terus berupaya meningkatkan pelayanan publik untuk meningkatkan kepuasan masyarakat. Salah satunya dengan mengembangkan berbagai inovasi yang efektif, efisien, akuntabel dan transparan.

“Hal tersebut sesuai dengan intruksi Bupati Tuban untuk terus berinovasi,” terangnya.

Saiful Hadi juga menambahkan akreditasi merupakan proses yang berkesinambungan. Oleh karena itu, harus senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan maupun indikator penilaian akreditasi lainnya. Tujuannya untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat. [CH/AM]