Atasi kekeringan di Pulau Sapudi dan Pulau Kangean, 3 Personel Tagana Tuban Ikut Salurkan 750.000 Liter Air Bersih

BERITA KIM RONGGOLAWE PERISTIWA

KIM Ronggolawe– Tiga personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tuban ikut terpanggil sebagai relawan untuk membantu atasi kekeringan di pulau Sapudi dan pulau Kangean, Sumenep, Madura.

Ketiga personel Tagana Tuban tersebut atas nama M. Eko Setiyono, Totok Sugiyanto dan Izzul Fuadi semua dari Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban.

Adapun bantuan yang dikirimkan Provinsi Jawa Timur itu berupa 750.000 liter yang dibagi 2 kali pengiriman, pengiriman pertama : 500.000 liter ke Pulau Sapudi, dan 250.000 liter ke Pulau Kangean.

Sedangkan peralatan yg dibawa diantaranya 6000 Jerigen, 300 Terpal, 1 unit Mobil Rescue, 2 unit Mobil Tangki air, 1 unit Genset dan Alkon.

Izzul Fuadi, Sekretaris Tagana Tuban yang ikut berangkat saat dikonfirmasi menyampaikan, keikutsertaan Tagana Tuban sebagai wujud keterpanggilan untuk membantu sesama sebagai komitmen penanganan masalah sosial.

“Tagana Kabupaten Tuban mendelegasikan 3 personel dalam penanganan bencana kekeringan di Pulau Sapudi dan Kangean. Pemberangkatan dari Tanjung perak menggunakan Kapal Perang, Tug Boat dan Tongkang oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa,” kata Fuad panggilannya, Rabu (06/11).

Selain distribusi air bersih, sambung Fuad juga ada penyerahan Sembako bagi Lansia di Kecamatan Gayam yang berada di Pulau Sapudi.

“Memang daerah Pulau Sapudi kondisinya sangat kering dan disana hanya ada satu mata air yg digunakan, dimusim kemarau ini tidak mungkin mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga bantuan ini sangat dibutuhkan,” pungkasnya.

Personel Tagana Tuban, tergabung bersama puluhan relawan lainnya dari berbagai Tagana di Jawa Timur, BPBD, Satpol PP, Kaormada II, dan KSAL yang dijadwalkan mulai dari 03 hingga 08 November 2019. [CH/AM]