Forum Kader Pemuda Anti Narkoba Kabupaten Tuban Resmi Dikukuhkan, Ini Pesan Wabup

BERITA KIM RONGGOLAWE PEMERINTAHAN

KIM Ronggolawe – Pemkab Tuban berharap Forum Kader Pemuda Anti Narkoba (FKPAN) memberi konstribusi dalam pemberantasan Narkoba di wilayah Kabupaten Tuban. Apalagi untuk penanggulangan peredaran Narkoba di kalangan pemuda.

Disadari Narkoba merupakan permasalahan lintas sektoral dengan ruang lingkup peredaran sangat luas dengan jenis makin beragam. Terlebih lagi wilayah Tuban memiliki garis pantai yang panjang sehingga berpotensi kerawanan untuk disusupi obat-obat terlarang tersebut.

“Karenanya harus benar-benar diantisipasi melalui berbagai tindakan preventif lainnya,” kata Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., saat memberi pengarahan kepada jajaran pengurus FKPAN Tuban periode 2019-2022 di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makdum Ibrahim (STITMA) Tuban, Kamis (28/11).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Disparbudpora Tuban Sulistyadi, Kepala Dispendik Nur Khamid, Kepala Kantor Kesbangpol Tuban Didik Purwanto, perwakilan Polres dan BNNK Tuban, dan 40 anggota FKPAN.

Wabup Tuban dua periode itu menekankan, FKPAN dapat berkoordinasi lintas sektoral. Selain itu anggotanya yang tersebar hingga kecamatan harus benar-benar dioptimalkan, dalam memberi pemahaman kepada pemuda tentang bahaya Narkoba.

“Pemuda adalah pilar pembangunan bangsa dan negara,” tegas Noor Nahar Hussein serius.

Forum yang mayoritas anggotanya kalangan pemuda ini, tambah politisi asal Rengel, perlu mendapat dukungan baik pembinaan maupun aspek material dari OPD Pemkab Tuban maupun stakeholder terkait lainnya.

Sementara itu, Kepala Disparbudpora Tuban Sulistiyadi menyatakan, FKPAN menjadi perwujudan kepedulian generasi muda untuk memikirkan masa depan bangsa Indonesia. Forum ini terdiri dari sejumlah perwakilan organisasi kepemudaan di Kabupaten Tuban.

“Forum ini sebagai wadah koordinasi untuk mendukung program Pemkab Tuban terkait Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN),” pungkasnya. [CH/AM]