21 April 2021

216 Calon Panwascam Pilkada Tuban 2020 Ikuti Tes CAT

KIM Ronggolawe– Sebanyak 216 calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Tuban, mengikuti Tes Online dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT) yang berlangsung di SMK Abdi Negara Tuban, Jumat (13/12).

Para peserta yang mengikuti tes ini, sebelumnya telah dinyatakan lulus seleksi Administrasi rekrutmen Panitia Panwascam pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban tahun 2020.

Dalam kegiatan tes online ini para peserta mengerjakan 100 soal terkait pengetahuan tentang Undang-Undang dan regulasi kepemiluan dari Bawaslu RI.

Sullamul Hadi, Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban saat diwawancarai sejumlah wartawan menyampaikan, sebanyak 216 peserta yang akan mengikuti tes CAT On Line. Para peserta dibagi menjadi enam sesi, mulai dari pagi hingga malam hari.

Untuk selanjutnya, pria yang akrab disapa Gus Hadi tersebut menyampaikan, setelah tahapan tes online ini Bawaslu akan menggelar kegiatan tes wawancara yang akan digelar mulai Sabtu (14/12) besok hingga 17 Desember 2019.

“Untuk pengumuman siapa saja yang lolos menjadi petugas Panwascam akan kita umumkan pada 18 Desember 2019 nanti,” imbuh Gus Hadi.

Ditambahkan Gus Hadi, untuk petugas yang lolos tes nanti ada sebanyak 60 orang. “Setiap kecamatan ada 3 Panwascam. Karena Tuban ada 20 kecamatan, maka yang lulus seleksi nanti akan diambil adalah 60 orang,” sambungnya.

Dia berharap dengan tes online ini dan tes wawancara besok bisa memunculkan petugas Panwascam Kabupaten Tuban yang berkualitas, loyalitas dan berkomitmen untuk melakukan pengawasan agar pelaksanaan Pilkada 2020 sesuai cita-cita undang-undang.

Sementara itu, Marpuah, S.Pd ketua Pokja rekrutmen Panwascam menambahkan, bahwa soal yang diujikan adalah soal langsung dari Bawaslu RI yang dilaksanakan online secara serentak.

“Hasilnya pun bisa langsung diketahui para peserta, berapa nilainya akan langsung muncul usai para peserta log out dari aplikasi CAT,” pungkas komisioner Bawaslu Tuban, Divisi SDM dan organisasi itu. (CH/AM)