Senang rumahnya direhab, Tinah menangis terharu

BERITA KIM RONGGOLAWE PEMERINTAHAN PERISTIWA

KIM Ronggolawe– Program Rutilahu dari kodam V brawijaya, Jawa Timur disambut antusias banyak warga. Program rehab Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) yang dilakukan Kodim 0811, Tuban berhasil melakukan membongkaran 432 rumah menjadi rumah layak huni.

Tinah, seorang janda yang tinggal di dusun Muncuo, RT.01 RW.01, desa Cokrowati, Kecamatan Tambakboyo tersebut adalah salah satu warga beruntung yang rumahnya menjadi target Rutilahu.

Perangkat desa setempat menjadikan Tinah, sebagai target sebab warganya ini tidak memiliki penghasilan sehari-hari.

“Dengan keadaan sedemikian rupa, jangankan untuk memperbaiki rumah, untuk makan sehari-hari saja sulit karena hanya mengandalkan pemberian dari warga setempat”. Terang perangkat desa.

Program bedah rumah (Rutilahu) yang dilakukan memang dikhususkan bagi warga yang berada di garis kemiskinan. Tempat tinggal yang layak tentunya sangat dibutuhkan bagi warga masyarakat.

“Kami memang mentargetkan warga yang sangat membutuhkan rumah layak. Kami juga memastikan memberikan material pembangunan terbaik agar bisa menjadi rumah layak huni yang bisa bertahan lama”. Terang Dandim 0811, Letkol. Inf. Vilala Romadhon SE, M. I. POL , saat di temui kemarin.

TNI yang bersinergi bersama Warga, aparat desa setempat, juga Polri ini berharap program ini akan ada dan terus ada kedepannya.

“Ya, kami berharap program begini selalu ada. Apalagi untuk warga kami seperti ibu Tinah, yang tidak memiliki penghasilan dan hanya mengandalkan program BPNT (bantuan pangan non tunai) dari pemerintah sangat terbantu”. Sambung aparat desa setempat.

Program Rutilahu diharapkan dapat membantu dan memberikan rumah tinggal yang layak untuk dihuni. Terlebih sekarang memasuki musim penghujan agar tidak ada lagi warga yang harus merasakan dinginnya air hujan karena rumah yang tidak layak. [CH/AM]