Penghujung Tahun, Bupati Lantik 111 Pejabat Pemkab Tuban

BERITA KIM RONGGOLAWE PEMERINTAHAN PERISTIWA

KIM Ronggolawe– Bupati Tuban H Fathul Huda melantik dan mengambil sumpah 111 Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengisi jabatan Pimpinan Pratama, Administrator, Pengawas, dan Jabatan Fungsional di lingkungan Pemkab Tuban di Pendapa Kridho Manunggal, Senin (30/12).

Prosesi pelantikan disaksikan Wabup Tuban Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., Sekda Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., pimpinan OPD, dan Camat se-Kabupaten Tuban.

Bupati Huda menyatakan, kegiatan ini untuk mengisi kekosongan jabatan, dan menyesuaikan nomenklatur Permendagri RI sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi serta penyederhanaan birokrasi dan pelayanan masyarakat. Mereka yang dilantik telah memenuhi kualifikasi dan persyarakatan yang ditetapkan.

Ia berpesan, agar ASN terus meningkatkan kompetensi dengan belajar dan perbanyak mendengarkan. Tujuannya agar mampu menjawab tuntutan jaman yang terus berkembang.

Pimpinan harus menjadi uswah (contoh) untuk mendorong peningkatan kompetensi stafnya.
Seorang pimpinan dilarang egois atau one man show.

Pimpinan harus mampu memanusiakan manusia dengan menjalin kerja sama, dan harmonisasi dengan stafnya.

“Setiap personal memiliki tugas yang sama penting sehingga kinerja OPD dapat berjalan dengan baik,” jelas Bupati Huda.

Di samping itu, seluruh pejabat beradaptasi dengan regulasi dan kultur budaya kerja di unit masing-masing. Setiap OPD memiliki perbedaan karenanya harus segera menyesuaikan diri.

Bupati Huda berpesan, agar Camat segera turun dan mengenali kondisi masyarakat. Selain itu perlu menjalin komunikasi serta koordinasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama. Mereka diminta harus bijak menyikapi perbedaan di masyarakat.

Orang nomor satu di Bumi Wali ini menekankan, agar seluruh pejabat mengevaluasi kinerjanya. Catatan kurang baik harus dihapus dan diganti dengan kinerja yang lebih baik.

“Evaluasi harus benar-benar dilaksanakan untuk meningkatkan kinerjanya,” tandasnya.

Tidak hanya itu, harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Utamanya mendengarkan aspirasi masyarakat.

Untuk diketahui, sejumlah pejabat yang dilantik terdiri dari pejabat eselon II terdiri dari 4 orang, antara lain Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) yaitu Drs. M. Nur Hasan, M.Si, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yaitu Agung Supriadi, SE, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yaitu Drs. Yudi Irwanto, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan KB (Dispemasdes dan KB) yaitu Nurjanah, SH., MM.

Sedangkan untuk posisi Direktur RSUD R. Ali Manshur dijabat oleh dr. Noor Isti Chawari. Sementara itu, jabatan Camat Bancar diisi Sutaji, S.STP.; Camat Senori yaitu Ir. Suwasis; Camat Singgahan yaitu Gaguk Hariyanto, S.STP, M.Si.; Camat Soko yaitu Drs. Sunarto, MH., dan Camat Tuban dijabat Drs. R. Moch. Dani Ramdani. [CH/AM]