Bupati Tuban Tinjau Kerusakan Jalan Dekat Akses Pertamina

Bupati Tuban Tinjau Kerusakan Jalan Dekat Akses Pertamina

KIM Ronggolawe – Bupati Tuban, H. Fathul Huda melakukan peninjauan infrastruktur jalan di Kecamatan Jenu, Rabu (29/01) siang. Bupati Tuban didampingi Camat Jenu dan Kabag Umum, Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Tuban memastikan kondisi jalan yang menghubungkan desa Tasikharjo dan desa Remen.

Pada kesempatan ini, Bupati Tuban berdialog dengan Kepala Desa dan perangkat desa Tasikharjo. Selanjutnya, Bupati bersama rombongan dan perangkat desa berdiskusi dengan Humas PT Pertamina Terminal BBM Tuban.

Kepada awak media, Bupati Tuban menyampaikan peninjauan ini untuk menjawab laporan warga desa Tasikharjo, Jenu yang mengeluhkan adanya kerusakan jalan. Warga menduga kerusakan disebabkan banyaknya kendaraan besar Pertamina yang melewati jalan tersebut.

“Pemkab Tuban memiliki kebijakan untuk memperbaiki jalan rusak secepatnya, 1×24 jam,” ungkapnya.

Bupati Tuban menjelaskan ruas jalan yang ditinjau termasuk jalan kelas 4, artinya jalan tersebut hanya diperuntukkan kendaraan kecil dan tidak diperbolehkan kendaraan besar melewati jalan tersebut. Jika terjadi kerusakan akibat kendaraan berat menjadi tanggung jawab perusahaan pengguna.

Lebih lanjut, Bupati Tuban berharap Pertamina dapat bekerjasama dengan pemerintah Kecamatan dan Desa untuk memperbaiki jalan yang rusak. Selain itu, juga memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak terjadi kesalahpahaman.

“Dengan demikian masyarakat bisa memahami kondisi yang ada serta Pertamina dapat beroperasi dengan lancar,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Jenu, Moh. Maftuchin Riza., menjelaskan jalan tersebut dilewati kendaraan besar dari 6 perusahaan. Dari 6 perusahaan tersebut ada beberapa yang belum mengurus ijin penggunaan jalan. Pemerintah Kecamatan secepatnya akan memanggil semua perusahaan yang menggunakan jalan tersebut.

“Akan didata perusahaan pengguna, jumlah armada yang digunakan serta rentang waktu penggunaan,” jelasnya. Selanjutnya, perusahaan akan diminta untuk mengurus perijinan ke Dinas terkait.

Camat Jenu menerangkan sejumlah jalan yang rusak berat telah diperbaiki perusahaan. Hanya tersisa jalan rusak ringan dan akan segera diperbaiki juga. [CH/AM]