Menyambut Bulan K3 Nasional, UTSG Ajak Ikatan Istri Karyawan Cegah Fatigue dan Kebakaran

Menyambut Bulan K3 Nasional, UTSG Ajak Ikatan Istri Karyawan Cegah Fatigue dan Kebakaran

KIM Ronggolawe – Kecelakaan kerja yang banyak terjadi di Indonesia ternyata banyak diakibatkan oleh waktu istirahat yang buruk.
Hal ini diungkapkan dalam Seminar Ikatan Istri Karyawan (IIK) di Tuban.

Bertepatan di Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional, PT. United Tracktors Semen Gresik (UTSG) melakukan kegiatan seminar bersama IIK yang di laksanakan di aula gedung kantor UTSG, Rabu (30/01).

Seminar yang mengambil tema Fatigue Management dan Penanganan Kebakaran itu, dihadiri oleh ikatan Istri Karyawan UTSG, Istri karyawan outsourcing, Istri Karyawan Subkontraktor, dan Istri Karyawan Anak Usaha PT. UTSG Tuban.

Kegiatan yang di dukung oleh PT. Semen Indonesia ini menghadirkan dua orang narasumber yaitu Dokter Solahudin dari klinik Semen Gresik serta Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tuban, Eko Arif Yulianto.

Dokter Solahudin dalam pemaparannya menjelaskan betapa pentingnya peran ibu-ibu dalam mengontrol pola hidup sehat dalam keluarga, terutama suaminya agar dalam bekerja tidak terkena fatigue atau kelelahan saat melakukan aktivitas pekerjaannya.

Tidak hanya itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tuban, Eko Arif Yulianto juga menjelaskan, peranan istri dalam menanggulangi bencana disekitar, terutama kebakaran. Ia juga menerangkan, penyebab terjadinya kebakaran meliputi tiga komponen, yakni sumber panas, oksigen, dan bahan yang mudah terbakar.

“Selain LPG, banyaknya kabel listrik yang berserakan disembarang tempat juga berpotensi terjadi kebakaran. Oleh sebab itu, peranan seorang ibu rumah tangga begitu penting akan terjadinya bencana kebakaran. Karenanya seminar dan pelatihan pengendalian kebakaran ini dilakukan,” terang Kabid Arif sapaan akrabnya.

Sementara itu, Business Support Div. Head UTSG Tuban Wiwit Dwi Widyatmoko mengatakan, kegiatan seminar Fatigue Management dan Penanganan Kebakaran ini merupakan rentetan dari agenda peringatan Bulan K3 Nasional PT. UTSG Tuban. Salah satunya ialah seminar eksternal yang mengundang dua narasumber yakni mengenai kesehatan dari dokter Hyperkes dan dari BPBD Tuban tentang penanganggulangan bencana kebakaran.

Tujuan dari kegiatan ini ialah, untuk menekankan angka kecelakaan pada saat melakukan aktivitas pekerjaan yang salah satu nya diakibatkan karena Fatique. Ibu-ibu (istri karyawan) ini memiliki peranan sangat penting untuk melakukan pencegahan terjadinya hal tersebut. [CH/AM]