Media Gathering di Lapas, PWI Tuban Sebut Lapas Sudah Transparan

BERITA KIM RONGGOLAWE PERISTIWA

KIM Ronggolawe– Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban menggelar Media Gathering bertema Kolaborasi Dukung Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020. Kegiatan Teleconference tersebut diikuti oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban dan jajaran Lapas Tuban, di aula setempat, Kamis (27/02).

Ketua PWI Kabupaten Tuban Pipiet Wibawanto mengungkapkan bahwa Lapas sudah sangat transparan dan terbuka. Dia menjelaskan arti dari terbuka yaitu tidak alergi pers atau media, namun tetap pada koridor aturan yang berlaku.

“Terbuka artinya tidak alergi pers atau media meskipun aturan itu tetap ada artinya bebas itu tidak harus sebebasnya,” paparnya.

Dia menilai Pemasyarakatan sudah berbenah untuk saling bersinergi bersama media dengan mengibaratkan hubungan seperti simbiosis mutualisme.

“Saling membutuhkan, pers butuh informasi yang ada di Lapas untuk diberikan informasi itu kepada publik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan Narapidana Subiyanto mengatakan bahwa kegiatan Media Gathering untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum terkait capaian Resolusi Pemasyarakatan di Lapas Tuban.

“inilah Resolusi Pemasyarakatan di Lapas Tuban yang akan dilakukan sepanjang tahun 2020,” ungkap pria asal Ngawi itu.

Dirinya juga menjelaskan kegiatan Media Gathering tersebut untuk memperkuat relasi dan tali silaturahmi antara jajaran Lapas Tuban dengan insan media dalam rangka mewujudkan tujuan institusi.

Kegiatan yang berpusat di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan tersebut diikuti oleh lebih dari 600 Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dari Sabang hingga Merauke secara relay, dengan mengundang seluruh insan Media baik di Pusat maupun di Daerah. [CH/AM]