Guna Dukung Imbauan #DirumahAja, RTIK Tuban Gelar Kelas Online

BERITA KIM RONGGOLAWE TEKNOLOGI

KIM Ronggolawe– Di tengah krisis global wabah Virus Corona (Covid-19) seperti sekarang ini. Berbagai langkah diupayakan guna meredam persebaran virus ini semakin membesar, mulai dari informasi seputar gejala infeksi Covid-19, tutorial pencegahannya, informasi rumah sakit rujukan hingga iimbauan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Bentuk yang paling mencolok adalah imbauan untuk melakukan aktivitas dari rumah yang kini gencar dengan hashtag di rumah aja (#dirumahaja) dengan mengganti aktivitas yang semula mengharuskan di luar rumah menuju tempat kerja, sekolah, kampus, hingga beribadah, kini dialihkan untuk dilakukan di rumah.

Atas dasar inilah organisasi Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Tuban mengadakan pembelajaran TIK lewat kelas online menggunakan salah satu platform video conference yakni Google Meet dan Google Hangout.

Pembelajaran online bertajuk “RTIK Online Class” ini , akan berlangsung selama beberapa pekan kedepan bersamaan dengan imbauan dari pemerintah yakni “Stay Home” untuk mencegah penyebaran virus corona.

“RTIK Online Class akan berisi berbagai topik atau tema aktual berkaitan dengan Teknologi Informasi,” ujar Affrizal Rizkillah atau yag akrab disapa Kak Rizal, Ketua Relawan TIK Tuban.

Pemuda yang berhasil menjadi Pemuda Pelopor Provinsi Jatim 2019 bidang Inovasi Teknologi itu menambahkan, pembelajaran online ini gratis dan terbuka bagi siapa saja yang mau berpartisipasi sebagai peserta atau memberikan materi ilmu bersama lewat kelas online yang telah disediakan tersebut.

“Jika biasanya kita tatap muka melalui pelatihan, workshop atau seminar, kali ini kita fasilitasi dengan kelas online,” pungkas pemuda asal Rengel itu. [CH/AM]