Satukan Semua Komunitas, Galang Gerakan #TubanMaskeran

BERITA KIM RONGGOLAWE PERISTIWA

KIM Ronggolawe – Sebagai wujud terhadap upaya menyadarkan masyarakat yang masih minim kesadaran untuk memakai masker. Sejumlah komunitas yang ada di Kabupaten Tuban menggalang gerakan #TubanMaskeran.

#TubanMaskeran adalah gerakan sosial menyatukan semua komunitas masyarakat Tuban untuk memakai masker dalam melawan Covid-19. Adapun wujud kegiatannya berupa pembagian masker, edukasi dan donasi.

“Jadi gerakan #TubanMaskeran berawal dari keprihatinan kami melihat masih banyak warga Tuban yang masih belum menggunakan masker kain saat keluar rumah. Padahal dengan menggunakan masker dan cuci tangan serta menjaga kebersihan adalah salah satu ikhtiar utama dalam memerangi Covid-19,” ucap dr. Alfian Yuniarta salah satu inisiator Gerakan #TubanMaskeran, Senin (20/04).

Dokter muda yang juga Kepala IGD RSUD dr. R. Koesma Tuban ini menambahkan, tujuannya adalah masyarakat Tuban yang memang harus terpaksa keluar rumah untuk bekerja dalam masa pandemi Covid-19 ini, tetaplah memakai masker dan cuci tangan selalu.

Adapun wujud kegiatannya, dokter Alfian menuturkan gerakan ini nantinya akan turun ke jalan dalam beberapa kelompok anggota kecil (maksimal 4 orang) untuk keliling Tuban dan membagikan masker serta edukasi masyarakat dalam memakai masker dan kalau bisa stay at home apabila memang tidak ada keperluan yang urgent.

“Rencana kami gerak hari Rabu atau Kamis tanggal 22 atau 23 April 2020,” imbuh dokter yang juga tim PSC 119 Dinkes Tuban itu.

Meski baru 3 hari terbentuk, pihaknya mengaku telah mengantongi sejumlah komunitas yang bergabung, diantaranya Blogger Tuban Community, Relawan TIK Tuban, Forum KIM Tuban, BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) Tuban, Komunitas Youtuber Tuban dan beberapa lainnya.

Dan jika ada komunitas yang ingin bergabung, pihaknya dengan lapang dada dan tangan terbuka siap mengakomodir demi mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pakai masker. [CH/AM]