Peduli covid – 19, Petani Bawang Merah di Kerek “Urunan” Bagi Masker

BERITA KIM RONGGOLAWE PERISTIWA

KIM Ronggolawe – Wujud keprihatinan terhadap penyebaran  pandemi virus corona (Covid – 19) yang kian hari kian meningkat kasusnya membuat Komunitas petani bawang merah di Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, Rabu (22/04)  turun jalan menyelenggarakan aksi  bhakti sosial berbagi masker dan makanan bergizi.

Sekitar 1000 masker dan 500 bungkus makanan bergizi di bagikan oleh para petani yang tergabung dalam Komunitas ORBIT ( Orang – orang Belajar Ilmu Tani) di sepanjang ruas jalan utama  kecamatan  dengan sasaran para pengguna jalan.

Kegiatan sosial yang juga melibatkan Polsek Kerek itu menurut koordinator aksi Istaji menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan  bentuk solidaritas  dari para petani bawang merah yang ada di Kecamatan Kerek terhadap merebaknya virus corona.

” Kegiatan ini adalah bentuk solidaritas dari para petani bawang merah, sekaligus sebagai bentuk pembelajaran terhadap warga agar selalu peduli terhadap sesama,” kata Istaji.

Sedangkan dalam kegiatan itu Istaji mengatakan jika sumber dana yang dikelola untuk kegiatan tersebut murni dari para anggota komunitas tersebut.

” Dana yang kami peroleh adalah murni patungan dari anggota, jadi kami menyisihkan keuntungan dari penjualan hasil panen yang seharusnya akan kami gunakan untuk pembangunan mushola, namun karena pandemi corona ini juga merupakan tanggung jawab kita bersama maka untuk sementara kita fungsikan untuk aksi solidaritas ini,” pungkas pria asal Desa Margomulyo itu.

Menanggapi aksi tersebut Wardini pengguna jalan asal Kecamatan Tambakboyo usai menerima masker mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh ORBIT tersebut sangat membantu khusunya bagi para pekerja lintas kecamatan seperti dirinya.

” Wah, senang mas meskipun saya sudah ada masker, namun ini buat cadangan, semoga  dengan kegiatan seperti ini penyebaran corona dapat dikurangi dan segera hilang,” harap pria berkumis itu. [AM/HA]