PT. TPPI Salurkan 1.000 Paket Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

BERITA KIM RONGGOLAWE PERISTIWA

KIM Ronggolawe – PT. Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) menyalurkan 1.000 paket sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Tuban, Rabu (22/04).

Secara simbolis paket sembako tersebut diserahkan General Manager PT. TPPI, Sugeng Firmanto kepada Bupati Tuban, Fathul Huda di rumah dinas bupati kompleks Pendopo Kridha Manunggal Tuban. Disambung kepada 5 perwakilan penerima bantuan.

Hadir dalam kegiatan ini, manajemen TPPI, pimpinan Baznas, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dinas Koperindag, Dinas Sosial P3A, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Parbudpora, Dinas Kominfo, Dinas Perhubungan, serta Camat Tuban.

General Manejer TPPI, Sugeng Firmanto menuturkan, 1.000 paket sembako ini meru[pakan serangkaian gerakan nyata TPPI membantu pemerintah menangani pandemi. Paket sembako berisi 5 Kg beras, 1 Kg gula, 1 botol minyak goreng, 10 bungkus mie instan, 1 botol kecap, 1 kaleng susu, 1 botol madu, 1 strip vitamin, dan 2 buah masker.

“Dari 1.000 paket ini 300 di antaranya kami distribusikan di sekitar operasi di Kecamatan Jenu. Sedangkan 700 paket untuk masyarakat Tuban,” terang Sugeng Firmanto.

Adapun rincian penerima paket yaitu, 39 kuli panggul di Pasar Baru Tuban, 63 tukang pijat disabilitas, 148 nelayan, 300 pekerja di obyek wisata dan pekerja seni, serta 150 abang becak di pasar kecamatan. Penyerahan sembako kepada sasaran penerima direncanakan pada 24 April 2020 melalui paguyuban masing-masing.

Penentuan penerima ini berdasarkan rapat koordinasi dengan pemkab Tuban dan rapat internal TPPI. Dengan harapan bantuan tidak tumpang tindih dengan bantuan Pemkab, dan lebih tepat sasaran.

TPPI juga secara terus menerus melakukan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui penyemprotan ke rumah-rumah warga sekitar, fasilitas ibadah, sekolah dan fasilitas umum yang akan dilaksanakan setiap seminggu sekali.

Seluruh masjid, musala, gedung SD, TK, balai desa, TPA, TPQ dan tempat fasilitas umum lainnya sekitar wilayah operasi juga telah difasilitasi hand sanitizer.

“Tidak cukup dengan itu, banner dan tulisan yang mengajak warga masyarakat untuk hidup sehat dan bersih juga dipasang, sebagai bentuk sosialisasi dalam menggugah kesadaran masyarakat untuk mencegah penyebaran virus,” imbuh pria ramah ini.

Langkah TPPI diapresiasi oleh Bupati Fathul Huda. Ini sesuatu yang luar biasa, saat ini semua sektor terkena dampak. Dalam kondisi normal ketika TPPI memberi bantuan itu biasa, tapi ketika ada pandemi itu yang luar biasa.

“Covid-19 berdampak pada sendi ekonomi dan sosial masyarakat, dan TPPI telah berkontribusi nyata untuk masyarakat,” sambung Bupati dua periode.

Untuk menangani virus, Bupati berharap semua stakehokder bergotong royong. Mulai dari pencegahan hingga penanganan dampak di tengah masyarakat.

Seperti apa yang dilakukan TPPI bukan hanya membantu untuk warga sekitar perusahaan, tapi lingkupnya lebih besar di Kabupaten Tuban. Pemkab harapkan seluruh perusahaan meniru langkah TPPI. [CH/AM]