Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Hadapi Pandemi Covid-19, Polres Tuban Resmikan  20 Kampung Tangguh Semeru

Hadapi Pandemi Covid-19, Polres Tuban Resmikan  20 Kampung Tangguh Semeru

28 Mei 2020 2:41 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe– Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini telah menjadi permasalahan baik di tingkat global, regional maupun di tanah air. Upaya pencegahan, proses penyebaran, dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan, serta berbagai persoalan lainnya terjadi secara dinamis serta memerlukan upaya dan langkah komprehensif dalam penanganannya.

Hal ini tentunya tidak akan bisa ditangani secara sektoral dan parsial, namun memerlukan kerjasama yg sinergis dengan seluruh elemen dan stake holder yang ada. Selain itu masyarakat juga memiliki peran penting untuk ikut membantu dan mensukseskan upaya pemerintah dalam menangani permasalahan yang terkait dengan Covid-19, seperti melaksanakan anjuran yang sesuai dengan protokol kesehatan maupun melalui aksi pastisipasi lainnya, seperti salah satunya melibatkan diri sebagai petugas dalam Kampung Tangguh Semeru yang saat ini sedang dicanangkan oleh Kapolda Jatim Irjen. Pol. Dr. M. Fadil Imran, M.Si.

Kampung Tangguh Semeru adalah upaya pelibatan masyarakat di tingkat desa yang secara sadar dan bersama – sama berupaya mencegah penyebaran Covid19 serta membantu mengatasi dampak sosial yang timbul di desanya.
Hal ini dapat dilihat dari adanya langkah-langkah penerapan protokol kesehatan di desa tersebut, kamar isolasi, tim pemulasaraan jenazah yang siap membantu menguburkan korban akibat Covid-19 yang meninggal dunia, lumbung pangan yang berisi berbagai bahan pokok, serta berbagai kelengkapan lainnya.

Dan hari ini , Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, SIK. SH. MH., bersama Bupati Tuban H. Fathul Huda dan Dandim 0811 Tuban Letkol Inf. Viliala Romadhon, SE. Mi.Pol, bertempat di Dusun Karangdowo Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban meresmikan Kampung Tangguh Semeru yang akan diikuti oleh 19 Kampung Tangguh lainnya di seluruh Kabupaten Tuban.

“Semoga keberadaan Kampung Tangguh Semeru ini bisa berperan penting untuk ikut mencegah penyebaran Covid-19 serta membantu mengatasi dampak sosial yang timbul. Ke depannya Kampung Tangguh Semeru diharapkan juga akan mampu menyelesaikan berbagai bentuk permasalahan sosial yang timbul,” ujar Ruruh, Kamis (28/05).

Selain itu, sambung Kapolres bersamaan dengan upaya pemerintah pusat untuk mengajak masyarakat agar siap menyambut dan menghadapi situasi normal yang baru (new normal), maka keberadaan Kampung Tangguh Semeru ini juga akan dapat membantu agar masyarakat semakin disiplin menjalankan protokol kesehatan yang ada.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut Kapolres juga memberikan bantuan berupa Rompi Kampung Tangguh, Alat Pengaman Diri (APD) serta sembako berupa mie instan, telur dan minyak goreng.

Pada kesempatan yang sama Bupati Tuban H. Fatkul Huda juga menyampaikan harapanya terhadap Kampung Tangguh Semeru ini. “Saya sangat berharap ini tidak hanya seremonial, namun bisa berkelanjutan, bermanfaat dan diikuti desa-desa lainnya,” jawabnya singkat kepada wartawan yang hadir pada acara tersebut.

Pada acara peresmian Kampung Tangguh Semeru tersebut, ditampilkan juga simulasi pemulasaraan jenazah, peninjauan lumbung pangan yang disampingnya juga terdapat usaha masyarakat mandiri pembuatan masker kain untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. [CH/AM]

Komentar Facebook