Menu Click to open Menus
Home » BERITA KIM RONGGOLAWE » Pasar Hewan di Kabupaten Tuban Mulai Dibuka, Ini Jadwalnya

Pasar Hewan di Kabupaten Tuban Mulai Dibuka, Ini Jadwalnya

10 Juni 2020 3:17 pm | diplublikasikan oleh |

KIM Ronggolawe– Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) akan membuka pasar hewan yang ada di Kabupaten Tuban.

Rencana pembukaan pasar hewan tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi lintas sektor, di ruang rapat Pemkab Tuban, Rabu (10/06).

Agus Wijaya, Kepala Diskoperindag Tuban dalam keterangannya usai rapat menjelaskan, pembukaan pasar hewan akan dimulai Jum’at, (12/06) untuk pasar hewan Jatirogo, Minggu, (14/06) pasar hewan Tuban, dan Senin (15/06) pasar hewan Kerek.

“Kita sepakat setelah menggelar rapat terkait pembukaan pasar hewan, rencananya akan dibuka pekan depan, dengan menerapkan standar pencegahan Covid-19,” jelas mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Tuban itu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pemerintah saat ini sedang menyiapkan pasar hewan agar bisa memenuhi protokol Covid-19. Persiapan itu diantaranya, mewajibkan setiap penjual maupun pembeli untuk mengenakan masker, serta mengatur jarak, baik pedagang maupun hewannya, termasuk pengelompokan hewan.

” Untuk penataan kita bedakan, lebih tepatnya sesuai dengan jenisnya,” tambahnya.

Pejabat yang juga pernah menjabat Camat tersebut menambahkan, pasar hewan tidak setiap hari buka. Seperti biasanya, pasar ini memiliki jadwal buka. Karena itu, pembukaan pasar menyesuaikan dengan jadwal yang sudah berlangsung selama ini.

“Saat buka nanti, pemerintah berharap pengelola pasar, pedagang, dan pembeli wajib untuk mengikuti protokol Covid-19,” harapnya.

Untuk mengantisipasi banyaknya pedagang dari luar daerah maupun dari zona merah penyebaran covid-19, pihaknya menyiapkan posko untuk filterisasi polangan, pemilik dan penuntun hewan sebelum masuk pasar.

Sehingga, kata Agus penyebaran Covid-19 di lingkungan pasar hewan bisa diantisipasi sejak awal, dan bisa dicegah agar tidak muncul cluster baru. [CH/AM]

Komentar Facebook