Operasi Patuh Semeru 2020, Polres Fokus Tindakan Preemtif dan Preventif

BERITA KIM RONGGOLAWE PERISTIWA

KIM Ronggolawe– Kepolisian Resort Tuban menggelar Apel kesiapan pasukan dipimpin oleh Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., dalam rangka Operasi Patuh Semeru 2020 di halaman depan Mapolres Tuban, Kamis (23/07).

AKBP Ruruh Wicaksono dalam sambutannya menyampaikan, Operasi Patuh Semeru 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana operasi Patuh kali ini disamping ada momen giat masyarakat Perayaan Idul Adha 1441 H juga ditengah pandemi Covid-19 pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Sehingga, Kapolres menegaskan secara administrasi dan teknis di lapangan disamping melakukan antisipasi Kamseltibcar Lantas terhadap lonjakan arus balik maupun mudik pada saat perayaan hari raya Idul Adha, tentunya juga Polri berupaya keras membantu Pemerintah dalam penanganan dan Penanggulangan Covid-19.

Mantan Kapolres Madiun ini berharap, pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2020 ini diharapkan mendorong tercapainya tujuan Operasi yaitu, terciptanya situasi lalu lintas yang aman tertib dan lancar pada lokasi rawan laka, pelanggaran dan kemacetan.

“Dan juga meningkatnya ketertiban dan kepatuhan serta kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas dan berkurangnya tempat penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Pihaknya menjelaskan, Operasi Patuh semeru 2020 akan berlangsung selama 14 hari ke depan, terhitung mulai tanggal 23 Juli sampai dengan 5 Agustus 2020 yang difokuskan pada kegiatan Preemtif dan Preventif, dengan penerapan protokol kesehatan pada masyarakat yang berkendara di jalan.

“Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan ketertiban, kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta untuk mengurangi tempat penyebaran Covid-19,” pungkas perwira kelahiran Ngawi itu. [CH/AM]