Adaptasi Kebiasaan Baru, Wisata Religi Tuban Kembali Dibuka

Adaptasi Kebiasaan Baru, Wisata Religi Tuban Kembali Dibuka

KIM Ronggolawe– Kabupaten Tuban yang berjuluk Bumi Wali tentu tidak lepas dari keberadaannya sebagai kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata, dalam hal ini wisata religi. Sunan Bonang sebagai satu di antara wali songo menjadi ikon penyebar agama di Indonesia khususnya di Pulau Jawa.

Saat pandemi Covid-19 terjadi di dunia bahkan Indonesia, semua objek wisata ditutup untuk menghindari penyebaran virus mematikan tersebut. Memasuki era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) protokol kesehatan juga harus diterapkan di zona wisata, yang mana hal ini harus dipatuhi bagi pengelola maupun pengunjung.

Di wisata religi Sunan Bonang Tuban, selama 4 bulan terakhir telah ditutup. Kini wisata religi yang menjadi kunjungan wisatawan lokal, regional, nasional maupun internasional tersebut telah diresmikan secara simbolis oleh Bupati Tuban bersama jajaran Forkopimda sebagai tanda telah dibuka kembali.

H. Fathul Huda, Bupati Tuban saat membuka kembali wisata religi Sunan Bonang menyampaikan, dengan dibukanya kembali akses wisata ini, pihaknya ingin menjaga dan memelihara roda perekonomian dan kesehatan. Sebab, perekonomian dan sehat tidak bisa dipisahkan, tentunya dengan disiplin menjaga protokol kesehatan.

“Waktu berziarah maksimal 25 menit, kuota di area makam maksimal 60 orang, dan jaga jarak fisik maksimal 1 meter. Dan apabila pengunjung banyak maka harus bergantian,” terang bupati, Senin (27/07).

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono menambahkan, objek wisata Sunan Bonang merupakan Wisata Religi Tangguh yang digagas oleh Polres Tuban, sehingga pihaknya ingin memastikan di area wisata tersebut telah tersedia tempat cuci tangan, kawasan wajib masker, dan pembatasan-pembatasan untuk pengunjung.

“Kita ikut mendorong mengingatkan itu, terkait pengawasan kita juga akan koordinasi dengan pengurus atau pengelola,” imbuh Kapolres.

Pihaknya menegaskan, bukan hanya wisata religi saja, namun juga semua tempat wisata yang mengundang kehadiran orang banyak, pihaknya akan turun bersama instansi terkait akan memberikan peringatan kepada masyarakat.

Untuk diketahui, dibukanya tempat wisata di Kabupaten ini berdasarkan Surat Edaran Bupati Tuban tentang tatanan kenormalan baru (adaptasi kebiasaan baru) pada usaha bidang pariwisata, penyelenggaraan kesenian dan pelaksanaan kegiatan hajatan di Kabupaten Tuban.

Wisata Semakin Seru dengan Paket ” Unlimetid Booster” Smartfren

Baru-baru ini operator seluler Smartfren meluncurkan paket internet ” Unlimited” terbarunya, yakni “Unlimited Booster”. Bukan sebagai paket utama, paket ini berfungsi sebagai tambahan (add-on) bagi pelanggan yang mengaktifkan paket internet Unlimited.

Menariknya, paket Unlimited Booster ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 2.000 dengan masa aktif satu hari dan batas pemakaian wajar (FUP) 500 MB.

Pengguna juga bisa merogoh kocek Rp 5.000 untuk Unlimited Booster yang berlaku selama tiga hari atau Rp 10.000 untuk tujuh hari dengan besar FUP yang sama.

Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim, menjelaskan bahwa program ini dihadirkan untuk mengakomodir para milenial dan kawula muda yang ingin menikmati paket Unlimited dari Smartfren sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

“Kebutuhan internet saat ini semakin besar, para milenial eksekutif dan mahasiswa mencari paket yang tanpa kompromi memahami kebutuhan mereka,” ujar Djoko dalam keterangan tertulis.

Karena bersifat sebagai add-on, kuota ekstra dari Unlimited Booster ini (setelah pelanggan mengaktifkannya) bakal ditambahkan ke kuota FUP utama dengan masa aktif yang tertera. Misalnya, jika pelanggan terdaftar di paket Unlimited dengan batas pemakaian wajar 1 GB (Rp 80.000), maka FUP-nya bakal ditingkatkan menjadi 1,5 GB selama tujuh hari apabila membeli Unlimited Booster Rp 10.000.

Untuk memeriahkan promosi paket teranyar ini, operator seluler milik Sinar Mas Group tersebut turut mengadakan program gratis paket Unlimited Booster selama periode 1 Juli – 31 Agustus 2020.

Selama periode tersebut, pelanggan bisa mengklaim salah satu benefit tambahan dari paket Unlimited, yakni Unlimited Booster Rp 10.000 (7 hari, FUP 500 MB) atau Smart Ngobrol Rp 10.000. Adapun salah satu keuntungan tersebut bisa didapatkan oleh pelanggan yang telah terdaftar di paket Unlimited dengan FUP 1 GB (Rp 80.000) atau FUP 1,5 GB (Rp 100.000), serta bisa diklaim secara cuma-cuma maksimal empat kali dalam satu bulan (1 kali per minggu). Paket Unlimited Booster sendiri, berikut keuntungan dari promo tadi, bisa didapatkan lewat aplikasi MySmartfren.

Untuk diketahui, Smartfren Community dimanapun berada, mari berdonasi bersama Smartfren Community melalui KitaBisa. Donasi yang terkumpul akan disumbangkan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 dan tim medis. Donasimu bisa disalurkan melalui https://kitabisa.com/smartfrencommunityhadapicorona [CH/AM]