BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHAKULINER

Bumbu Rujak Siap Saji “Muharam” Tembus Manca Negara

KIM Ronggolawe – Rujak merupakan salah satu kuliner kekayaan nusantara yang banyak peminatnya, perpaduan rasa manis, asam dan pedas membuat kuliner yang didominasi aneka buah segar tersebut banyak disukai berbagai kalangan usia.

Membaca situasi banyaknya peminat kuliner yang berbahan dasar gula jawa, asam jawa, cabe, terasi dan kacang tanah itu Heni Purwati (29), perempuan asal Desa Sumberarum Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, sejak setahun yang lalu mencoba keberuntunganya Nyambi lewat bisnis olahan bumbu rujak siap saji.

Berbekal warisan resep dari sang ibu, perempuan satu anak tersebut selanjutnya memasarkan hasil olahanya tersebut lewat media online serta dari mulut ke mulut.

Perjuanganya pun kini berbuah manis, bumbu rujak siap saji yang diberi lebel “Muharam” tersebut kini telah banyak diminati oleh para pecinta rujak serta pelangganya dapat menemukan produknya tersebut berjajar rapi di rak – rak supermarket maupun mini market di Jawa Timur, selain itu ia kini juga dapat mempekerjakan beberapa orang untuk membantu usahanya tersebut.

” Alhamdulillah untuk saat ini distributor saya tersebar diseluruh Jawa Timur, dan banyak orderan dari luar provinsi seperti Jogjakarta dan Jakarta, bahkan ada juga yang dari Amerika Serikat pernah order bumbu rujak ini,” jelas Heni, Senin (03/08).

Perempuan yang juga merupakan GTT di salahsatu SD Negeri  di Kecamatan Kerek itu mengaku jika untuk saat ini yang menjadi kendala pengiriman ke super market – super market maupun ke luar negeri adalah wadah untuk bumbu rujak itu sendiri yang susah didapatkan sehingga ia memutuskan untuk tidak menerima orderan dari luar negeri dulu.

Dalam kemasan bumbu rujak siap saji yang dibandrol dengan kisaran harga Rp. 19 ribun tersebut (tergantung varian rasa) Heni menawarkan tiga varian rasa  yaitu rasa petis, rasa kacang tanah, dan manis serta dengan level kepedasan yang berbeda.

Selain bumbu rujak siap saji yang menjadi andalan produknya baru – baru ini Heni juga meluncurkan aneka bumbu masak siap saji yang semakin mempermudah ibu – ibu milenial untuk memasak tanpa harus ribet mempersiapkan bumbu dan menguleknya.

“Selain bumbu rujak siap saji, kami juga menyediakan bumbu masak siap saji dengan berbagai rasa, ada becek, rawon, rendang dan masih banyak lagi, semuanya kami olah dengan cara tradisional agar cita rasa dari bumbu rujak maupun bumbu masak siap saji tidak hilang, dan tentunya tanpa bahan pengawet, ” terangnya.

Heni juga menambahkan jika bumbu rujak maupun bumbu masak yang ia buat akan mampu bertahan hingga tiga bulan dalam kondisi luar ruangan, namun jika berada dalam lemari es akan mampu bertahan hingga enam bulan. [AM/HA]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button