Hadiri Pelantikan PC GP Ansor, Bupati Berpesan Ansor Harus Satu Komando

BERITA KIM RONGGOLAWE PERISTIWA

KIM Ronggolawe – Pengurus Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Tuban masa khidmat 2020-2024 resmi dilantik, oleh Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (PP GP) Ansor di Pendopo Krido Manunggal Kabupaten Tuban, Kamis (05/11).

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Bupati Tuban H Fathul Huda, Ketua Umum PP GP Ansor, H. Yaqut Cholil Qoumas, PW GP Ansor Jawa Timur, H Syafiq Syauqi, Lc serta Anggota DPR RI Ratna Juwita Sari S.E.,MM., ditandai dengan pengambilan sumpah janji pengurus.

Dalam sambutannya, H. Ahmad Ja’far Ali, Ketua PC GP Ansor mengatakan, tidak ada artinya proses pelantikan, jika tidak diimplementasikan pada sebuah gerakan.

“Sebagai kader NU, GP Ansor harus bisa menjadi benteng para ulama, menjaga NKRI, harus mampu melakukan kerjasama internal yang solid. Selain itu, juga harus bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam membangun Tuban,” kata Gus Affa panggilan Ketua Ansor Tuban dalam sambutannya usai mengikuti prosesi sumpah.

Selanjutnya, Ketua PW GP Ansor Jawa Timur, H Syafiq Syauqi, Lc. dalam sambutannya berpesan kepada kepengurusan PC GP Ansor yang baru, harus bisa bekerja sebaik-baiknya selama 4 tahun kedepan.

“Kita harus bisa menjaga dan mengarahkan masyarakat agar moralnya lebih baik, karena masalah utama saat industrialisasi di Tuban masuk, bukan kemiskinan lagi, tapi moral masyarakat kita,” harap ketua PW GP Ansor Jatim.

Sedangkan dalam sambutan Bupati Tuban, H Fathul Huda berpesan agar garda depan Nahdlatul Ulama (Ansor.red) bisa mengemban amanat dengan sebaik-baiknya.

“Semoga Ansor lebih maju dan lebih mandiri, karena Ansor adalah satu-satunya banomnya NU yang paling Mandiri, dan Ansor barisannya harus satu komando,” ungkap Bupati Huda

Pihaknya juga menegaskan, jika Ansor harus cendas dan pintar terlebih untuk menangani radikalisasi agama.

“Ansor harus bisa jadi garda terdepan dan harus cerdas dalam menghadapi radikalisasi, seperti saat pembakaran bendera HTI yang dibelokkan dengan pembakaran kalimat Tauhid,” tegas Bupati.

Sebagai penutup kegiatan, Ketua Umum PP GP Ansor, H. Yaqut Cholil Qoumas berpesan agar kepengurusan PC GP Ansor Tuban bisa bekerja dengan baik dan serius agar tidak hanya nama yang terpampang sebagai pengurus.

“Tidak perlu 4 tahun seperti yang terpampang di banner pelantikan, jika dalam 1 tahun tidak bekerja dengan serius dan maksimal maka di tahun 2021 akan saya berhentikan dan saya ganti dengan yang baru,” tegas Ketua Umum PP GP Ansor.

Tampak hadir dalam acara pelantikan, Ketua PCNU Tuban KH Mustain Syukur, Sekertaris Daerah Kabuparen Tuban, Dr. Budi Wiyana M.Si, Ketua DPRD Tuban, Miyadi S.Ag.,MM., Penasehat PC GP Ansor Tuban Khoirul Huda, Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se-Kabupaten Tuban, pengurus Badan Otonomnya (Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU dan PMII), serta dinas terkait dan Forkopimda Kabupaten Tuban. [CH/AM]