Meski dari Balik Jeruji, Lapas Ajak WBP Kenali Visi Misi Paslon Pilkada Tuban

KIM Ronggolawe – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban menyelenggarakan nonton bareng (Nobar) Debat Publik Lanjutan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kabupaten Tuban di aula Lapas setempat, Selasa (17/11) siang.

Nobar yang disiarkan langsung oleh salah satu televisi swasta itu diikuti oleh 30 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.

Kalapas Tuban, Siswarno mengatakan bahwa terdapat 188 dari 283 WBP masuk kedalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Tuban, 9 Desember mendatang.

Dia menyampaikan, bahwa sebagaian besar warga binaannya adalah warga Kabupaten Tuban yang memiliki hak pilih, sehingga perlu untuk mengetahui visi dan misi para calon Wabup dan Cawabup Tuban.

“Walaupun berada di balik jeruji besi, warga binaan di sini juga perlu mendapatkan informasi dan pengetahuan yang memadai berkenaan dengan visi, misi dan gagasan dari para paslon, karena mereka memiliki hak pilih,” tandas Siswarno.

Ia menyampaikan, bahwa pada pelaksanaan Pilkada Tuban tanggal 9 Desember 2020 mendatang, Lapas Tuban akan menyiapkan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk melayani 188 pemilih.

“Kami telah membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk melayani mereka dalam memilih, kami juga komitmen dalam menjaga protokol kesehatan saat tahapan pemilihan,” pungkas Alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan itu. [CH/AM]