Melalui CSR, Pertamina Dukung Peningkatan Kompetensi SDM di BLK Kabupaten Tuban

KIM Ronggolawe– UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tuban memperoleh program Corporate Social Responsibility (CSR) senilai Rp 184 juta dari PT Pertamina (Persero) Pemasaran Regional Jatimbalinus.

Bantuan CSR itu guna mendukung upaya pemerintah dalam hal pemberdayaan masyarakat yang berdikari dengan bekerjasama dengan menghadirkan peralatan pendukung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di laboratorium bahasa.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Rusminto Wahyudi selaku Sr. Spv CSR SMEPP Pertamina Regional Jatimbalinus kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Dr. Himawan Estu Bagijo, SH. MH. di UPT BLK Tuban, Rabu (18/11).

Rusminto menyampaikan, bahwa penyerahan bantuan peralatan pendukung kegiatan di laboratorium bahasa tersebut merupakan salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari Pertamina kepada masyarakat yang berada di wilayah area operasi dari Pertamina.

“Sebagai bentuk kewajiban TJSL di perusahaan, Pertamina juga mendukung peningkatan kompetensi dari SDM yang berada di Kabupaten Tuban untuk menghasilkan SDM yang unggul dan maju, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas merupakan salah satu elemen penting dalam roda perekonomian suatu wilayah.”, ujar Rusminto.

Pihaknya berharap, semoga dengan adanya bantuan ini dapat menghadirkan manfaat dan mendorong kualitas SDM yang lebih maju dan unggul di wilayah Kabupaten Tuban.

Himawan Estu Bagijo, Kepala Disnakertran Jatim dalam sambutannya menambahkan bahwa dengan adanya bantuan peralatan belajar mengajar di laboratorium bahasa dapat mendorong tenaga kerja untuk lebih baik lagi ke depannya.

“Adapun visi dari Disnakertrans Jatim adalah mengembangkan hardskill dan softskill calon tenaga kerja di Jatim, kemampuan bahasa asing sendiri merupakan salah satu soft skill yang sangat penting, agar tenaga kerja kita dapat bersaing di luar negeri sekaligus dapat mengembangkan keterampilan secara mandiri,” ujar Himawan.

Keterampilan bahasa asing sendiri menurutnya, diketahui menjadi poin tambah bagi setiap individu untuk menghadapi persaingan dunia kerja. Untuk itu, Pertamina mencoba memberikan akses yang lebih nyaman dan mumpuni kepada calon tenaga kerja yang berada di wilayah Kabupaten Tuban.

Sementara itu, Kepala UPT BLK Tuban, Tri Wahyanto menambahkan, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan tersebut. Sebab diakuinya itu sangat bermanfaat demi penunjang operasional di BLK Tuban. [CH/AM]