Jelang Pilkada Serentak Kominfo Gelar Webinar Optimalkan Peran KIM

Jelang Pilkada Serentak Kominfo Gelar Webinar Optimalkan Peran KIM

KIM Ronggolawe – Jelang Pilkada serentak yang diselenggarakan pada 9 Desember mendatang Kementrian Kominfo R.I mengadakan Webinar yang dilaksanakan dari kota Malang Kamis, (26/11) kegiatan tersebut dikuti oleh 188  pengiat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se – Jawa timur melalui Room Meeting Zoom berbagai KIM yang ada di Jawa Timur.

Acara yang di moderator oleh Artis sekaligus komedian Ibu Kota Akbar, berjalan santai dan penuh keluargaan. Sedangkan yang didapuk sebagai nara sumber kegiatan tersebut adalah,Royke Diana Sari Ketua KPU Kota Pasuruan, Drs. Dikdik Sadaka, MM Koordinator IK Harkam Ditjen IKP Kominfo R.I , Nanang Rois Ketua FK KIM Jawa Timur, serta Bambang Wiliarto pemimpin redaksi Bisnis Surabaya.com)

Royke Diana Sari menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 ada beberapa perubahan salah satunya dengan adanya Si-Rekap, dimana Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) nantinya dapat memanfaatkan aplikasi Si-Rekap untuk memasukan data penghitungan surat suara dalam bentuk foto yang sebelumnya nomor hand phone milik KPPS sudah terdaftar di KPU, namun ia juga menambahkan  jika hasil yang paling  utama adalah hasil manual.

Tidak hanya itu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya juga ada beberapa perubahan di antaranya
Pemilih di TPS berjumlah 500, Pemilih yang hadir ke TPS akan diperiksa suhubadanya, pemilih juga akan difasilitasi sarung tangan, pemilih akan ditetesi tinta setelah menggunakan hak pilihnya.

Selain itu petugas KPPS harus terkonfirmasi sehat dengan dilakukan rapid test serta berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, serta KPPS di berikan 1 Baju Hasmat.

“Tersedia Bilik Khusus bagi pemilih yang suhunya di atas 37. 3 drajat,  sedangkan surat panggilan pemilih atau C-6 Kini Berganti C-pemberitahuan dengan di dalam ada pengaturan jadwal kedatangan” terang Royke panjang lebar.

Sementara itu Drs. Dikdik Sadaka, MM selaku Koordinator IK Harkam Ditjen IKP Kominfo RI berharap jika  KIM dapat aktif membantu mensukseskan pilkada serentak sesuai aturan dan protokol kesehatan, sehingga kegiatan Pilkada Serentak berjalan efektif dan Sehat.

“Diharapkan nantinya KIM dapat menjadi garda terdepan dalam Pilkada nanti melaui peranya sebagai penyalur informasi yang akurat terhadap khalyak agar nantinya tidak terjadi disinformasi yang diterima publik,” tegasnya.

Sementara itu KIM Ronggolawe yang turut ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut Divisi Humas dan Informasi Publik, Hudairi Alfan menyatakan jika pihaknya akan mengoptimalkan peran KIM sebagai wadah penyebaran informasi yang akurat dan kridebel baik dalam tahapan Pilkada, saat Pilkada maupun pasca Pilkada.

” Kita bersama tim akan selalu mengedepankan keakuratan informasi yang dihimpun oleh tim-tim kami yang ada di seluruh Kabupaten Tuban, dengan adanya informasi yang akurat kita berharap Pilkada di Tuban dapat berjalan ayem tentrem,” pungkas pria bertubuh tambun tersebut.

Diketahui sebnyak 19 kabupaten/kota bakal menggelar Pilkada di Jatim, terdiri dari 16 kabupaten dan tiga kota, masing-masing Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kediri, Lamongan, Tuban, Gresik, Mojokerto, Malang, Blitar, Sidoarjo, Sumenep, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi. kemudian Kota Blitar, Pasuruan, dan Kota Surabaya. [AM/HA]