Intruksi Kemsos, Penyaluran Beras BPNT Dipercepat Sebelum Pilkada

BERITA KIM RONGGOLAWE PERISTIWA

KIM Ronggolawe– Pendistribusian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) komoditi beras dari Pemerintah Pusat periode Desember dipercepat penyalurannya sebelum Pilkada serentak 09 Desember mendatang.

“Kita percepat pendistribusian BPNT bulan ini sesuai intruksi Kementerian Sosial RI agar disalurkan sebelum Pilkada serentak,” tutur Santoso, Kasi Linjamsos Dinsos P3A Tuban saat cek kelayakan kualitas beras di Kecamatan Widang, Selasa (01/12).

Sebab menurutnya, droping beras BPNT harus selesai pada awal bulan sebelum 09 Desember. “Untuk beras BPNT mulai bulan Desember ini ada labelling,” tandasnya.

Dan untuk 2021 nanti, sambung Santoso kemasan beras BPNT harus ada Labelling dan siapa yang memproduksi. “Untuk Desember ini kita uji coba labelling hanya ditempel dikemasan bungkus,” imbuhnya.

Namun, kata Santoso untuk 2021 kemasan zak beras akan tertera produksi dari mana, isi berapa kilo, semua akan lebih transparan. “Tentunya kualitas beras harus tetap sesuai ketentuan,” terangnya.

Droping beras yang dilakukan di pendopo kecamatan setempat itu, mendapat pengawasan berlapis yang melibatkan Dinsos P3A, Forkopimcam, TKSK dan perwakilan agen.

Sementara itu, Atmo selaku pendamping TKSK Widang berharap, apa yang menjadi hak KPM terkait kualitas BPNT agar terus dijaga. “Yang sudah baik ini mari kita pertahankan, syukur-syukur bisa ditingkatkan,” pintanya.

Panaji selaku ketua paguyuban Agen Kecamatan Widang menambahkan, selama ini diakuinya KPM puas dan tidak ada keluhan.

“Kami pastikan sebagai Agen tidak ingin mengecewakan KPM, itu sudah menjadi komitmen kami sebagai kepanjangan tangan Dinsos P3A Tuban,” pungkasnya. [CH/AM]