PWI Tuban Ajak Milenial Pelajari Ilmu Jurnalistik

BERITA KIM RONGGOLAWE PENDIDIKAN PERISTIWA

KIM Ronggolawe– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban menggelar kegiatan jurnalistik bertempat di Votel Charis Tuban, Jumat (18/12).

Kegiatan bertajuk “Jumat Sedekah Ilmu” ini diikuti puluhan pelajar dan mahasiswa dari beberapa sekolah dan kampus di Kabupaten Tuban.

Mochamad Sudarsono, Wakil Ketua II PWI Tuban selaku pemateri mengatakan, kegiatan ini untuk mengajak para pelajar dan mahasiswa agar mengerti bagaimana produk jurnalistik.

“Produk jurnalistik menyajikan bagaimana fakta semestinya, yang tidak diketahui oleh banyak masyarakat. Kita harus menyajikan fakta, itu yang diinginkan pembaca,” ujarnya.

Pria yang juga wartawan Tribunnews itu mengaku, bahwa para peserta antusias mengikuti kegiatan, meski dengan keterbatasan kehadiran karena menerapkan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19.

“Antusias terlihat dari peserta yang aktif bertanya, dari awal sesi materi dimulai hingga selesai. Senang tentunya dengan kegiatan junalistik, semoga bisa memacu niat dari peserta yang ingin berprofesi sebagai wartawan,” ucap bapak satu anak itu.

Nina Resita salah satu peserta menyatakan apresiasi atas pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan PWI Tuban itu.

“Dengan adanya pelatihan ini, maka kini kita jadi tahu mana berita yang benar dan hoax. Sehingga masyarakat bisa mengidentifikasi kebenaran berita tersebut,” ungkapnya.

Ia juga mengaku senang mendapat materi jurnalistik, karena masih banyak yang tidak diketahui peserta, terutama membedakan mana berita hoax dan mana yang benar.

Sementara itu, Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto mengatakan, pihaknya mensuport kegiatan sosial yang dilakukan Votel Charis dengan menggelar kegiatan jurnalistik.

Karena bagi organisasi yang dipimpinnya, kegiatan yang dilaksanakan setiap Jumat ini sangat tepat untuk berbagi ilmu kepada peserta, dalam hal ini pelajar dan mahasiswa.

“Minat jurnalistik anak muda ini harus ditumbuhkan, karena siapa lagi nanti yang akan menyajikan berita, jika yang sudah tua-tua ini memasuki usia pensiun,” pungkas wartawan MNC TV tersebut. [CH/AM]