Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2020, Kapolres: Jangan Sampai Terjadi Kluster Baru Usai Nataru

BERITA KIM RONGGOLAWE PERISTIWA

KIM Ronggolawe– Menjelang natal 2020 dan tahun baru 2021 Polres Tuban gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 bersama instansi terkait di halaman Mapolres setempat, senin (21/12) pagi.

Hadir dalam giat itu Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E., M.I.Pol., Forkopimda, para PJU serta Kapolsek jajaran dan diikuti peserta apel gabungan TNI, Polri, PM, Dishub, Satpol PP dan BPBD Tuban.

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono, usai pimpin Apel Gelar Pasukan, kepada awak media menyampaikan, apel yang dilaksanakan secara serentak ini untuk memastikan kesiapan akhir personel dan juga peralatannya dalam rangka pengamanan menjelang dan pasca Natal 2020 serta Tahun Baru 2021 yang bertujuan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di masa pandemi covid-19.

“Operasi Kepolisian terpusat yang bersandi “Lilin Semeru 2020″ ini akan di gelar selama 15 hari dimulai pada 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021, adapun objek yang menjadi saran pengamanan antara lain gereja, tempat hiburan, tempat wisata, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat keramaian,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyatakan, dalam amanat Kapolri yang dibaca AKBP Ruruh mengingatkan jangan sampai terjadi klaster baru setelah perayaan Natal dan tahun baru.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap agenda rutin pengamanan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung underestimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan di masyarakat apalagi di masa pandemi covid-19 ini,” tandasnya.

Pihaknya juga berharap, jangan sampai perayaan kegiatan Natal dan tahun baru menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban.

Terkait jumlah Personel yang dilibatkan, Ruruh menjelaskan, operasi ini akan melibatkan personel gabungan yang terdiri atas 185 personel Polres dibantu Sub Denpom 3 personel, 23 personel dari TNI Kodim 0811, Dishub 12 Personel, Satpol PP 21 Personel, BPBD 6 Personel serta Kesehatan 6 Personel.

“Kita ada 4 Pos, 3 Pos Pam dan 1 Pos Pelayanan mulai dari Bancar, Rest Area, Pos Boom dan Pos pantai Kelapa panyuran,” imbuh Ruruh.

Mantan Kapolres Madiun itu menambahkan, pihaknya akan bekerjasama dengan instansi terkait untuk memberikan imbauan kepada masyarakat di tempat-tempat keramaian.

“Operasi Lilin tahun ini sifatnya kita akan menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menghindari kerumunan, mematuhi protokol kesehatan dan wajib memakai masker,” pesannya.

Untuk itu, pihaknya akan bekerjasama dengan TNI, Dishub dan Satpol PP untuk melakukan patroli ke tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan masyarakat. [CH/AM]