15 OMS di Desa Socorejo Dapat Kucuran Dana Rp. 275 Juta dari CSR Semen Indonesia

BERITA KIM RONGGOLAWE INDUSTRI & WIRAUSAHA PERISTIWA PRODUK UNGGULAN
(Perwakilan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. bersama Kepala Desa Socorejo dan perwakilan OMS saat serah terima bantuan CSR)

KIM RonggolaweDesa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban merupakan salah satu desa yang berada di wilayah ring 1 PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban yang pada tahun 2020 turut mendapatkan asupan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan berpelat merah itu.

Adapun dana yang dikucurkan untuk desa yang pernah menerima penghargaan terbaik 1 nasional Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tingkat Nasional 2019 tersebut sebesar Rp. 275 juta yang diperuntukan bagi 15 Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) melalui Forum Masyarakat Kokoh (FMK) Bangkit Berjaya desa setempat.

Bertempat di balai desa setempat perwakilan dari PT Semen Indonesia Kamis, (15/01) melaksanakan serah terima bantuan program tahunan tersebut kepada pihak Pemerintah Desa ( Pemdes) selanjutnya diteruskan ke masing – masing OMS secara simbolis.

Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim menyampaikan ucapan terima kasih terhadap perusahaan yang selama ini telah berkontribusi terhadap pembangunan terutama peningkatan pemberdayaan di desanya.

” Saya berharap sinergitas antara perusahaan dan Pemdes serta masyarakat tetap berlanjut agar semakin baik,” harap pria yang akrap disapa Kang Arif itu.

Kang Arif juga berharap agar kedepanya PT Semen Indonesia tidak hanya memfokuskan pada program pemberdayaan saja, namun untuk program yang lebih besar sehingga keberadaan PT Semen Indonesia di wilayahnya benar – benar bermanfaat.

” Kami tidak menutup mata dampak positif dan negatif itu ada, kita bersinergi agar dampak positif itu benar – benar dirasakan dan dampak negatifnya kita tekan,” tutur pria yang menjabat Kepala Desa sejak tahun 2016 itu.

Sementara itu Ahmad Muhibudin perwakilan OMS miniatur truk Socorejo, mengatakan bahwa berkat bantuan alat penunjang pembuatan miniatur truk dari perusahaan usaha kratif yang ia geluti bersama 6 rekanya sekitar setahun yang lalu kini sudah dapat memenuhi pesana pelanggan yang kian membludak baik dari dalam maupun luar pulau.

” Berkat bantuan alat dari Semen Indonesia kami saat ini dapat mempercepat produksi yang sebelumnya hanya 2 unit sebulan, kini kami dapat menyelesaikan 10 unit miniatur truk setiap bulanya,” kata Muhib.

(Ahmad Muhibudin, OMS pengrajin miniatur truk bersama perwakilan dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.)

Dalam kesempatan tersebut koordinator FMK Bangkit Berjaya Desa Socorejo melaui bendaharanya berharap dengan adanya program pemberdayaan yang diberikan perusahaan dapat menjadikan Desa Socorejo menjadi desa mandiri sehingga kebutuhan apapun dapat tercover di desa tersebut.

” Dengan adanya program pemberdayaan ini kita berharap agar masyarakat Desa Socorejo dapat memanfaatkan potensi yang ada di desa ini serta mandiri, terlebih dengan adanya pantai Semilir dapat dijadikan sebagai ajang promosi dari hasil kratifitas pemberdayaan terlebih yang telah disupport oleh PT. Semen Indonesia, ” harap Fadhim disela – sela peninjauan salah satu kegiatan OMS di pantai Semilir.

Terpisah Siswanto, selaku Senior Community Development officer PT Semen Indonesia (Persero) menegaskan bahwa agenda serah terima program CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. pabrik Tuban Tahun 2020 yang sudah dilaksanakan merupakan momentum yang baik untuk bersama sama memulihkan perekonomian masyarakat di masa pandemi.

” Program CSR 2020 yang diserahterimakan pada masyarakat 26 desa dan 3 kecamatan senilai 7,1 M. Proporsi program tersebut terdiri dari program bertema pemberdayaan masyarakat sebesar 80%, tema peningkatan infrastruktur pendidikan dan RTLH sebesar 10%, berikutnya pada tema peningkatan kapasitas sebesar 7% dan 3% di tema karitatif,” terang Siswanto.

Ia juga menambahkan bahwa program tersebut dikelola secara akuntabel dan partisipatif bersama kelompok penerima manfaat, dengan tujuannya agar meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat sekitar perusahaan secara merata dan tepat sasaran.

” Kegiatan ini ialah wujud komitmen perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban dalam menjalankan tanggung jawab sosial lingkungan terhadap masyarakat sekitar, serta upaya serius untuk menjalin hubungan yang semakin baik dan berkelanjutan antara perusahaan dan masyarakat sekitar, ” pungkasnya. [AM/HA]