21 April 2021

60 WBP Dibekali Pelatihan dari UPT BLK Tuban, Ini Harapan Kalapas

 

KIM Ronggolawe– Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Tuban bekerjasama dengan Unit Pengelola Kegiatan (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Tuban menggelar pelatihan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di aula Lapas setempat, Rabu (24/03).

Siswarno, Kalapas IIB Tuban dalam keterangannya usai pembukaan kegiatan menyampaikan, bahwa pelatihan keterampilan ini merupakan pembinaan kemandirian bagi para WBP.

“Ada 3 bidang pelatihan, meliputi pengelasan, elektronik (servis HP), dan meubelair,” kata Siswarno.

Dengan jumlah peserta total 60 orang, dengan rincian masing-masing bidang diikuti 20 WBP.

Pihaknya berharap, para WBP yang mengikuti pelatihan ini untuk serius mengikuti hingga selesai. Sebab, pelatihan tersebut sesuai dengan minat dan bakat masing-masing WBP.

“Agar nantinya setelah mendapat pelatihan ini, para WBP bisa mengaplikasikan saat kelak sudah bebas dan kembali ke masyarakat, juga bisa untuk mencari pekerjaan atau membuka usaha sendiri,” timpalnya.

Sementara itu, Sumarno selaku Kasi Pelatihan UPT BLK Tuban menambahkan, pelatihan ini akan dilaksanakan minimal 80 jam atau setara 10 hari.

“Karena pesertanya para WBP, tentunya kita akan lebih mudah dibandingkan dengan peserta pelajar. Sebab akan diawasi dan lebih serius,” pungkasnya. [CH/AM]