One Day One Prison’s Product, Lapas Pamerkan KAWABI

 

KIM Ronggolawe– Masih dalam rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57, Lapas IIB Tuban menggelar kegiatan One Day, One Prison’s Product, Kamis (22/04).

Kegiatan yang digelar di aula Lapas setempat itu memamerkan produk-produk hasil karya para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) setempat.

Siswarno, Kalapas IIB Tuban dalam keterangannya mengungkapkan, selain dipamerkan, guna meningkatkan produktivitas produk karya WBP itu, pihaknya mewajibkan pegawai dan karyawan untuk membeli, sebagai wujud dukungan gerakan #AkuBeliProdukNapi.

Sebab menurutnya, jika memang hasilnya bagus maka akan dipasarkan keluar Lapas. “Sebelum dipasarkan keluar, kita harus buktikan dulu kualitasnya di internal,” timpalnya.

Adapun produk-produk yang dimaksud, ia menyebut ada kue donat, peyek, tas berkat (kondangan), tas dan dompet, masker dan telor ayam yang dikelola WBP dan beberapa lagi lainnya.

Siswarno mengaku, khusus untuk tas berkat pihaknya mengaku sudah dipasarkan keluar, bahkan saking larisnya para WBP yang memproduksi kewalahan orderan.

“Setiap hari hingga ratusan orderan untuk tas berkat ini, kalau donat masih di internal. Namun, kedepan untuk donat juga akan kita pasarkan keluar,” harapnya.

Uniknya, dari semua jenis produk tersebut diberi nama KAWABI, yang merupakan singkatan dari Karya Warga Binaan. “Nama KAWABI ini sudah sejak 2019, kita tinggal lanjutkan,” kata Siswarno.

Untuk promosi produknya, selain dari mulut ke mulut, juga memanfaatkan media sosial. Adapun hasil penjualan, ia mengaku sebagian untuk modal kembali dan sisanya untuk pajak.

Pihaknya berharap, produk karya WBP bisa dipasarkan keluar, setara dengan produk yang sudah terkenal yang bisa diterima di toko-toko atau swalayan, mall dan sejenisnya dengan harga yang lebih terjangkau. [CH/AM]