BERITA KIM RONGGOLAWEINDUSTRI & WIRAUSAHA

SBI Pabrik Tuban Kembali Raih Penghargaan Zero Accident dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur

 

KIM Ronggolawe– PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban kembali menerima penghargaan Zero Accident untuk yang ketujuh kalinya dari Pemerintahan Provinsi Jawa Timur. Apresiasi atas kinerja ini diterima oleh SBI Pabrik Tuban atas 4.709.758 jam selamat yang dicapai terhitung dari tanggal 1 November 2011 hingga 31 Oktober 2020 tanpa fatality accident sejak dimulainya operasional pabriknya di Tuban. Penghargaan ini diserahkan oleh Bupati Tuban pada hari Selasa, 7 September 2021 atas prestasi SBI Pabrik Tuban di Kantor Pemerintah Kabupaten Tuban.

“Hal ini merupakan kebanggaan yang patut kita syukuri, mengingat 4.709.758 jam kerja selamat bukanlah suatu hal yang mudah. Hal ini dapat diraih tentunya atas kerja sama seluruh karyawan dalam melaksanakan budaya K3 di pabrik kami,” jelas M. Chairul Huda, Occupational Health and Safety SBI Pabrik Tuban. Beragam program kesehatan dan keselamatan kerja dilakukan oleh SBI Pabrik Tuban baik untuk karyawan maupun kontraktor yang terlibat dalam kegiatan operasinya.

Menurut Erwin H. Purba, General Manager SBI Pabrik Tuban, kunci dari keselamatan kerja adalah kepedulian terhadap diri sendiri dan rekan kerja. Di SBI Pabrik Tuban, kepedulian diwujudkan melalui beragam tindakan, antara lain dengan melakukan identifikasi bahaya di sekitar sebelum melakukan pekerjaan, saling mengingatkan jika ada unsafe action maupun unsafe condition yang terjadi. Selain itu melalui pelaporan yang dilakukan secara konsisten serta beragam program untuk meningkatkan kepedulian karyawan maupun kontraktor akan pentingnya keselamatan kerja.

Dalam situasi pandemi ini pun, SBI Pabrik Tuban mendukung penuh upaya Pemerintah dalam menghentikan penyebaran virus corona dengan melakukan tindakan pencegahan sesuai dengan yang telah diinstruksikan oleh Pemerintah, dengan melakukan kegiatan pencegahan, pemeriksaan dan tindak lanjut yang diperlukan bagi siapapun yang berada dalam area operasinya untuk memastikan karyawan, kontraktor dan mitra bisnis bekerja dalam lingkungan kerja yang sehat dan aman. Salah satunya adalah percepatan vaksinasi. Di hari yang sama, SBI Pabrik Tuban melakukan vaksinasi kedua untuk masyarakat sekitar pabrik dan kontraktor SBI Pabrik Tuban sejumlah kurang lebih 800 orang. Program ini merupakan kolaborasi SBI Pabrik Tuban dengan Kodim 0811 Tuban dan Dinas Kesehatan.

SBI Pabrik Tuban akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan kerja bagi seluruh karyawan dan kontraktor yang terlibat dalam kegiatan operasional perusahaan. “Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak seluruh komponen yang ada di SBI Pabrik Tuban, untuk bersama sama berkomitmen melakukan upaya upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan Pabrik Tuban. Sehingga Budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja yang ada di wilayah SBI Pabrik Tuban,” pungkas Erwin H. Purba. [CH/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button