BERITA KIM RONGGOLAWEPEMERINTAHAN

Wabup Riyadi Ajak Lpmd/K Bersinergi Untuk Memajukan Kabupaten Tuban

KIM Ronggolawe – Wakil Bupati Tuban H. Riyadi, SH menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas Bagi Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan (LPMD/K) se kabupaten Tuban, Rabu, (13/10) di Hotel Mustika Tuban.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup mengajak LPMD/K untuk bersinergi bersama ikut memajukan Kabupaten Tuban menjadi lebih baik lagi. Seluruh program dari Pemkab Tuban tidak bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan dari masyarakat juga Pemerintah Desa. “Bersama bergotong royong membangun Kabupaten Tuban menjadi lebih baik adalah tanggung jawab kita semua,” ujar Wabup.

Wabup juga mengatakan, bagaimana LPMD/K telah turut andil dalam penurunan kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban. LPMD/K memegang peranan penting dalam memberikan pengertian kepada masyarakat desa. Untuk itu, harus bisa menjadi contoh untuk masyarakat terutama dalam menjalankan 3M dan 3T, serta mendukung program percepatan vaksinasi.

Selain Covid-19, lanjut Wabup Riyadi, kemiskinan juga menjadi perhatian dari Pemkab Tuban saat ini. Untuk itu dia mengajak seluruh LPMD/K untuk bersama melawan kemiskinan dengan terus bersinergi bersama Pemkab Tuban. “Mari kita bergerak bersama untuk mensejahterakan masyarakat,” ucap Wabup di sambut tepuk tangan riuh para peserta.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan KB Nur Janah mengungkapkan, maksud dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan bantuan dan pemahaman kepada para tokoh LPMD/K tentang peran dan fungsinya. Tujuannya, untuk peningkatan kapasitas pengurus LPMD/K tahun 2021, serta mengembangkan SDM yang ada. “Ini penting, agar dapat mengoptimalkan peran LPMD sebagai mitra pemerintah desa dalam menyerap aspirasi masyarakat, terkait perencanaan pembangunan desa,” terang Nur Jannah.

Penggerakan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa dengan swadaya gotongroyong adalah ciri khas yang dimiliki masyarakat desa. LPMD sebagai lembaga yang mendampingi masyarakat, harus bisa melihat dinamika di desa yang sangat dinamis. Untuk itu, penting untuk pengurus LPMD/K untuk meningkatkan kapasitas. “Jadi, kedepan dapat tercipta solusi yang bisa di implementasikan di desa, terkait pembanguan desa dan masyarakatnya,” tandasnya.

Adapun kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 13 hingga 14 Oktober 2021 di Hotel Mustika, dengan diikuti 100 orang peserta. [MCT/AM]

kimronggolawe

Admin Web kimronggolawe.com

Related Articles

Back to top button