Gandeng Semen Indonesia, KIM Ronggolawe Gelar Seminar TIK

KIM Ronggolawe – Sebanyak 50 peserta yang terdiri dari siswa sekolah menengah, SMP/Mts, SMA/Ma se Kecamatan Kerek beserta pembina, Sabtu (20/11), mengikuti seminar Teknologi dan Informatika (TIK) yang diselenggarakan oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Ronggolawe Tuban.

Kegiatan yang diselenggarakan di gedung SMP Negeri 1 Kerek tersebut mengambil tema “Membangun Milenial Kokoh di Era Digital” dengan memghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang Informatika dan Teknologi (IT), Afrizal Rizkillah ketua Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Tuban.

Acara yang didanai langsung dari CSR PT. Semen Indonesia tersebut mendapat apresiasi dari pihak perusahaan berpelat merah tersebut, Andik Sutikno selaku CDO PT. Semen Indonesia yang kejibah membuka kegiatan tersebut menyatakan jika seminar yang dilaksanakan sesuai dengan perkembangan era digital saat ini. pasalnya pesatnya arus informasi yang mudah diakses melalui jejaring internet diperlukan edukasi dalam menggunakan internet terutama media sosial.

” Kita berharap dengan adanya pelatihan seperti ini setidaknya mampu memberikan kontribusi terhadap pendidikan bersosial media khususnya bagi generasi pelajar yang masih punya masa depan panjang. Sehingga terbentuk pondasi-pondasi kokoh dan bijak dalam mengkonsumsi internet,” kata pria yang juga punya bisnis sampingan kuliner tersebut.

Sementara itu Camat Kerek yang diwakili PLT Kasi Trantib, Saifudin menyatakan bahwa pentingnya pendidikan digital di era sekarang.

” Dengan adanya pelatihan ini saya berharap peserta dapat mengambil ilmu yang sampaikan oleh pemateri serta menerapkannya dalam lingkungan masing-masing agar program literasi digital yang digaungkan pemerintah pusat dapat terwujud dan terlaksana” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama Chusnul Huda selaku ketua KIM Ronggolawe berharap kepada pihak Semen Indonesia untuk selalu mendukung rangakaian kegiatan KIM, pasalnya KIM sebagai elemen bawah dari Kekominfo yang sah dan legal dasar hukumnya turut andil dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan TIK.
” Saya berharap dukungan dari Semen Indonesia terus mengalir,karena dalam waktu dekat ini agenda pelatihan digital bagi para Ibu-ibu pendidik PAUD dan TK sudah menanti dukungan dari pihak Semen Indonesia,” kelakar pria 3 anak yang juga pengurus PWI Tuban serta wartawan Pemkab Tuban tersebut.
Sementara itu Ari Megantara selaku narasumber dari KIM Ronggolawe mengupas tuntas tentang pentingnya literasi digital, dalam pemaparan materinya pria yang juga tergabung dalam anggota RTIK Tuban itu menegaskan pentingnya etika digital dalam bersosial media.

” Dari keempat pilar kerangka literasi digital, etika digital merupakan pilar pokok dalam berselancar dalam dunia maya terlebih media sosial, soalnya etika digital adalah tolak ukur kecerdasan dan kebijakan kita dalam mengendalikan media,” ungkapnya.

Sedangkan Afrizal Rizkillah dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi dengan tema “Muda, Kreatif dan Cerdas di Ruang Cyber”.

Di akhir acara panita membagikan puluhan doorprize kepada para peserta yang sebelumnya dilakukan tanya jawab antara peserta dengan narasumber. [HA/AM]