Tanamkan Demokrasi SD BAS Gelar Pemilu Pilkates

KIM Ringgolawe – Dalam rangka belajar menanamkan nilai-nilai demokrasi, SD Bina Anak Sholeh (BAS) Tuban menggelar Pemilihan Ketua Kelas (Pilkates) dengan sistem pemilu.

Kepala SD BAS Tuban, Ustadzah Yulaikah, S.Si mengatakan, Pilkates merupakan agenda pesta demokrasi tahunan yang dilakukan SD BAS untuk memilih ketua kelas. Melalui Pilkates tersebut para siswa memanfaatkan bilik suara untuk untuk menentukan pilihan sosok seorang ketua kelas.

Selain bilik suara, dewan guru juga menyiapkan jenis perlengkapan pemungutan lainnya. Seperti, kotak suara, surat suara, tinta, segel dokumen, dan alat untuk memberi tanda pilihan.

“Semua ini dilalukan SD BAS Tuban karena sebagai sarana praktek langsung musyawarah mufakat untuk memilih ketua kelas mulai kelas 2 hingga kelas 6,” tambah Yulaikah.

Ia menambahkan, melalui pelaksanaan Pilkates dengan sistem pemilu ini pihaknya ingin mengajarkan pada generasi emas untuk cerdas berdemokrasi. Terutama, memiliki bekal pengetahuan, pemahaman dan kesadaran yang baik dalam menggunakan hak suara. Selain itu, pemilihan ketua kelas jiga termasuk dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila, yang secara khusus terdapat dalam sila ke-4.

“Memilih secara langsung pejabat kelas diharapkan dapat memberi pemahaman sederhana tentang sila ke 4,” bebernya.

Disisi lain, Pilkates di SD BAS merupakan sebagai upaya kepemiluan untuk menanamkan pendidikan “sikap” yang harus dimulai sejak dini. Sikap ini meliputi prinsip utama demokrasi, menghargai dan menghormati perbedaan. Terlebih, cara pengambilan keputusan dan sikap bertanggungjawab.

“Semua ini demi memberikan pelajaran berdemokrasi pada siswa di SD BAS Tuban,” pungkasnya.

Sementara itu, Waka Kesiswaan SD BAS Tuban, Ustadzah Umi Mu’arifah S.Kom,S.Pd menyampaikan, setelah dua tahun dilaksanakan secara online karena pandemi, tahun pelajaran 2022/2023 Pilkates dapat dilaksanakan secara langsung. Pelaksanaan Pilkates diikuti seluruh siswa kelas II sampai kelas VI.

Pelaksanaan Pilkates dimulai dari penjaringan kandidat calon ketua kelas dan pendaftaran kandidat ketua kelas pada 19 Juli 2022. Kemudian, pada Rabu, 20 Juli 2022 dilakukan pada jenjang atas dan Kamis, 21 Juli 2022 untuk jenjang bawah. Sedangkan, untuk rangkaian acara dimulai dengan orasi kandidat calon ketua kelas, simulasi pencoblosan, pelaksanaan pencoblosan dan penghitungan suara.

“Mewakili manajemen SD BAS ustazah Umi mengucapkan selamat kepada ketua kelas terpilih. Semoga semuanya diberikan kesehatan jasmani dan rohani. Selain itu, diberikan kemampuan Allah SWT dalam memimpin kelas. Sehingga, menjadi kelas yang lebih baik dan membawa berkah kepada seluruh keluarga besar SD BAS Tuban,” papar Ustadzah Umi begitu disapa. [CH/AM]