13 Mei 2021

PUNCAK KIM VIII DIGELAR BARENG HUT NGANJUK KE 1.078

Puncak kegiatan Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Ke- VIII tahun 2015 akan dilakukan di Kabupaten Nganjuk pada tanggal 19-24 April mendatang. Kegiatan yang rencananya dipusatkan di GOR Bung Karno Ngajuk itu juga bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Nganjuk ke 1.078.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Masduqi, Selasa (23/12) dalam rapat koordinasi bersama Dinas Kominfo Jatim dan Dinas Perhubungan dan Informasi Ngajuk di kantor Pemkab Nganjuk mengatakan, Pemkab Nganjuk sangat senang terpilih sebagai tuan rumah, karena nganjuk berkomitmen ingin memanfaatkan acara tersebut untuk melestarikan beberapa seni dan budaya serta kreativitas anak muda didaerahnya.
Dikatakannya, sebagai tuan rumah, Kabupaten Nganjuk nantinya akan menampilkan beberapa KIM yang menjadi andalannya dengan sejumlah produk yang telah dihasilkannya. Agar event dua tahunan itu cukup meriah dan masyarakat berbondong-bondong datang, pihaknya akan menjadikan kegiatan itu masuk dalam rangkaian perayaan HUT Ngajuk.

Diharapkan KIM mampu berperan menjadi mediator untuk menjembatani informasi dan komunikasi yang kerap terjadi antara pemerintah dengan masyarakat ataupun antara masyarakat dan pemerintah.
Menurutnya, KIM yang notabene agen informasi, diharapkan aktif mendistribusikan informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat, sehingga masyarakat dapat melakukan langkah antisipatif yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan.

Seperti dalam pelaksanaan Pekan KIM tahun-tahun sebelumnya, di Ngajuk nanti juga akan dilangsungkan final festival Pertunjukan Rakyat (Pertura) yang akan menampilkan 12 finalis dimana setiap malamya masing-masing tiga Pertura akan menghibur masyarakat Nganjuk. Kegiatan pada Pekan KIM tersebut nantinya juga diisi dengan grand final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK), Festival Pertunjukan Rakyat, Pameran produk unggulan KIM, Workshop TI, dan Sarasehan KIM.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jatim, Harjogi menambahkan, konsep KIM di Ngajuk akan mengikuti perkembangan teknologi informasi. KIM tidak hanya senantiasa mengangkan budaya lokal yang sudah ada, namun juga mengkombinasikannya dengan perkembangan TI yang terbaru. “Sinergitas tersebut adalah sebagai upaya melestarikan media informasi local agar tidak punah,” katanya.
Pekan KIM tersebut juga merupakan wahana pendidikan publik dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, serta sarana diseminasi informasi konten positif kepada masyarakat.

Dinas Kominfo Jatim berupaya melaksanakan pembangunan bidang komunikasi dan informatika secara maksimal guna mewujudkan masyarakat informasi yang maju, modern dan sejahtera. Langkahnya penyediaan infrastruktur TIK secara merata, pemberdayaan sumberdaya manusia, penyediaan informa si positif yang berguna bagi peningkatan taraf hidup masyarakat.

Dikatakannya, sebagai tuan rumah, Ngajuk juga berkomitmen menyiapkan berbagai fasilitas penyelenggaran. Di stand pameran akan ditampilkan beragam informasi dan produk yang dikelola oleh dinas dan badan di jajaran Pemerintah Kabupaten/Kota dan kelompok KIM. Ia menjelaskan, dengan mengunjungi stand-stand tersebut masyarakat bisa memperoleh informasi lebih banyak tentang kegiatan dan kinerja pembangunan yang telah dan sedang dilaksanakan oleh masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) maupun program dari masing-masing KIM.

Peserta Pekan KIM 2015 terdiri dari unsur Dinas/Instansi/Badan Kominfo/Humas Pemerintah Kabupaten/Kota, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Kelompok Pertunjukan Rakyat (Pertunra), dan penyedia layanan teknologi informasi.(jal,sti)