19 Juni 2021

Kelompok Tani di Kabupaten Tuban Terima Bantuan 22 Traktor Farida Hidayati, DPR RI

KIM Ronggolawe– Farida Hidayati, anggota DPR RI komisi IV menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) pra panen berupa 20 traktor roda dua dan 2 unit traktor rotary.

Penyerahan bantuan tersebut langsung diserahkan Farida Hidayati kepada kelompok tani di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban, Rabu (19/08).

Farida Hidayati saat didampingi Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban menjelaskan, bantuan ini diberikan kepada 22 kelompok tani yang tersebar di Kabupaten Tuban.

“Kelompok tani yang menerima bantuan tersebut berasal dari Kecamatan Senori, Bangilan, Rengel, Soko, Kenduruan, Singgahan, Merakurak, Montong, Jenu, Jatirogo, Parengan, Grabagan, Widang dan Kerek,” ucap politisi PKB asli Tuban itu.

Farida berharap, semoga bantuan alsintan yang disalurkan kepada kelompok tani di Kabupaten Tuban ini bermanfaat bagi para petani. Kemudian, mampu mendapatkan hasil yang melimpah dan semoga petani di Tuban semakin produktif.

Ia menjelaskan, seperti yang diketahui, bahwa Kabupaten Tuban merupakan salah satu lumbung pangan terbesar di Jawa Timur dengan kualitas hasil panen yang bagus. Sehingga, dengan bantuan traktor ini diharapkan mampu menunjang para petani untuk mencapai hasil panen yang optimal.

Masih menurut Farida, dengan adanya dukungan alsintan ini petani juga bisa meningkatkan transfer teknologi dalam peningkatan intensitas pertanaman.

“Yang paling penting bantuan alsintan ini tidak disalah fungsikan untuk pribadi atau perorangan saja, karena ini adalah untuk kelompok,” tandasnya.

Ia menegaskan, siapapun boleh mengunakannya untuk membajak lahan persawahan, asal sesuai ketentuan yang berlaku. Dalam hal ini, pihak kelompok tani sendiri yang mengatur, bagaimana prosedur dalam meminjam alsintan ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Murtadji memberikan apresiasi kepada Anggota DPR RI Farida Hidayati yang sudah peduli pada petani di bumi wali.

Pihaknya berharap, bantuan alsintan ini dapat menunjang dan memaksimalkan hasil pertanian di Kabupaten Tuban melalui kelompok tani yang bersangkutan.

“Lahan pertanian di Kabupaten Tuban sangat produktif, sehingga bantuan ini sangat tepat bagi para petani. Semoga hasil panen petani sangat melimpah, baik padi, jagung, melon, kacang tanah maupun hasil panen lainnya,” beber mantan Camat Bancar itu.

Terkait bantuan itu, para kelompok tani merasa senang dan bersyukur mendapatkan bantuan alsintan tersebut, karena traktor itu akan digunakan para petani di wilayahnya masing-masing.

“Alhamdulillah dapat bantuan ini, ya semoga memberikan manfaat untuk kelompok dan petani yang lain,” ungkap Ali salah satu kelompok tani asal Kecamatan Senori. [CH/AM]