28 September 2021

Wujudkan Swasembada Pangan Nasional, Dandim 0811 Dorong Jajarannya Terus Dampingi Petani

 

 

KIM Ronggolawe – Guna mewujudkan swasembada pangan yang tangguh dan melimpah, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E, M.I.Pol bersama Ir. Gaguk Sudarmo, Plt. Kadistan Tuban dan Kelompok Tani Rengel melakukan kegiatan ‘Penanaman Padi Secara Serentak’, di Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban yang diikuti sedikitnya 60 orang, Senin (15/02).

Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E, M.I.Pol dalam sambutannya mengatakan, bahwa TNI hanya bisa memberikan arahan dan motivasi kepada para petani yang menjadi wilayah binaan, tentunya selain itu dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi dalam mempertajam jaring teritorial wilayah.

“Kami sebagai TNI khususnya Kodim 0811 Tuban beserta jajaran, dalam hal ini memiliki tugas untuk membantu Kelompok Tani (Poktan) melalui pendampingan kepada para petani, serta pengolahan lahan tidur yang tidak terpakai, dengan tujuan untuk meningkatkan Swasembada Pangan Nasional yang ada di wilayah Tuban,” ungkapnya.

Disamping melaksanakan sosialisasi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah dengan kondisi pandemi saat ini, TNI hadir untuk memberikan semangat moril kepada Kelompok Tani (Poktan), dengan harapan dalam musim panen bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang diharapkan.

“Kami minta para Babinsa jajaran Kodim 0811 Tuban untuk selalu melakukan pendampingan di bidang pertanian. Dalam hal menyukseskan program Pemerintah di bidang Ketahanan Pangan (Hanpangan) Nasional, peran aktif para Babinsa sangatlah dibutuhkan sebagai sarana komunikasi dalam mempertajam jaring teritorial di wilayah binaannya,” harapnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Ir. Gaguk Sudarmo dalam arahannya mengatakan, bahwa motivasi, semangat, inovasi dan terobosan yang diberikan oleh TNI, nantinya agar dapat menjadikan petani yang unggul dan ulet.

“Semoga dengan kehadiran TNI di tengah para petani bisa memberikan motivasi dan semangat kepada petani yang ada di wilayah Desa Karangtinoto, sehingga dengan semangat yang tinggi kita dapat menghasilkan panen yang maksimal,” ucap Ir. Gaguk.

Sebab menurutnya, dengan kondisi pendemi saat ini Ketahanan Pangan (Hanpangan) Nasional sangatlah dibutuhkan, oleh karena itu pihaknya meminta kepada Poktan untuk tetap semangat, demi menjadikan petani yang unggul dan ulet, sehingga inovasi dan terobosan serta pendampingan yang diberikan oleh TNI dapat meningkatkan Swasembada Pangan Nasional.

Disaat yang sama H. Karsadi, Ketua Gapoktan Kecamatan Rengel menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada TNI dalam memberikan motivasi dan pendampingan kepada para petani Desa Karangtinoto, yang mana saat ini pihaknya akan melaksanakan kegiatan penanaman padi serentak.

“Kami sebagai petani merasa sangat terbantu dengan hadirnya TNI disini. Dan semoga ke depan pendampingan kepada kami terus berjalan,” pungkasnya. [CH/AM]