13 Mei 2021

Gelar Safari Ramadan, Bupati Klaim Capaian Keberhasilan

 

KIM Ronggolawe – Setelah tahun lalu (2020) sempat ditiadakan karena merebaknya virus Covid-19, kegiatan Safari Ramadhan Bupati dan Wakil Bupati Tuban 1442 H/2021 M kembali dihelat, Kamis (15/04).

Kecamatan Jatirogo menjadi lokasi pertama penyelenggaraan kegiatan Safari Ramadhan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan disiarkan secara live melalui channel Diskominfo Tuban.

Tampak hadir pula Forkopimda Tuban, Ketua TP PKK Kabupaten Tuban, Ketua Dharma Wanita Tuban, Sekretaris Daerah, Kepala Kantor Kemenag Tuban. Kegiatan ini juga diikuti Camat bersama Forkopimka Jatirogo dan Kenduruan, Kepala Desa serta Tokoh Agama dan Masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengungkapkan kegiatan Safari Ramadhan kali ini menjadi terakhir pada masa kepemimpinan Bupati Fathul Huda dan Wabup Ir. H Noor Nahar Hussein, M.Si.

Bupati menyampaikan terima kasih atas dukungan dalam pembangunan Kabupaten Tuban. Selama 10 tahun terakhir, Pemkab Tuban terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sisi infrastruktur maupun suprastruktur.

“Pembangunan Kabupaten Tuban harus imbang antara pembangunan fisik dan pengembangan SDM,” ungkapnya.

Berbagai capaian yang dicapai Kabupaten Tuban selama ini diantaranya, hibah fasilitas TPQ mencapai 15,258 milyar kepada 426 lembaga. Sejak tahun 2018 jumlah santri meningkat 8,49 persen dari yang semula 129.881 santri menjadi 140.913 santri pada tahun 2021.

“Ini menjadi kader muslim yang tangguh,” sambungnya

Guna meningkatkan pendapatan petani, lanjut Bupati, Pemkab Tuban membangun Jalan Usaha Tani sepanjang 103.705 meter dan saluran irigasi pertanian tersier sepanjang 60.074 meter.

Juga dibangun 53 embung, 13 long storage, dan 16 DAM parit. Di samping itu, juga diserahkan bantuan alsintan berupa 32 traktor roda empat, 247 traktor roda dua, 576 pompa air, 78 cultivator, dan 48 transplater.

Berkat upaya tersebut, Kabupaten Tuban menjadi salah satu lumbung pangan Nasional dan produksinya terus meningkat tiap tahunnya.

Pada tahun 2020, hasil pertanian 671.975 ton atau surplus beras mencapai 63,54 persen.

Pada sektor peternakan, Kabupaten Tuban menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan program di Jawa Timur dan Nasional. Jumlah sapi bunting dan kelahiran di Bumi Wali Tuban tertinggi di Jawa timur di tahun 2019-2020 dan mendapat penghargaan UPSUS SIWAB Terbaik Jawa Timur.

Di bidang pemerintahan desa, Kabupaten Tuban menjadi Kabupaten satu-satunya di Indonesia yang cair Dana Desa (DD) tahap I pada Februari dan Maret 2021 dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Januari-Maret 2021.

Adapun SILAP Aparatur Desa Kabupaten Tuban termasuk tertinggi kawasan regional. Kabupaten Tuban juga merupakan kabupaten pertama se-Jawa Timur yang sudah melaksanakan pengalihan jaminan sosial kesehatan Kepala Desa dan perangkat desa yang sebelumnya mandiri, dialihkan ke kepesertaan Pemkab Tuban.

Selaras dengan hal tersebut, Kabupaten Tuban menjadi Kabupaten pertama di Indonesia yang telah membangun jaringan internet desa berbasis fiber optic di seluruh desa, selain telah menerapkan aplikasi Pengelolaan Keuangan Desa secara online sejak tahun 2020.

“Capaian ini harus dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan di masa mendatang,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Huda juga menyampaikan permohonan maaf jika selama kepemimpinannya terdapat beberapa capaian program yang belum terwujud maupun program yang belum berdampak optimal.

Sementara itu, Camat Jatirogo, Drs. Nawawi dalam laporannya menyebutkan Safari Ramadhan kali ini juga diadakan secara virtual di tiap Balai Desa yang diikuti perangkat desa , tokoh agama dan masyarakat setempat.

Camat Jatirogo menjelaskan nilai Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) Jatirogo pada tahun 2019 sebesar 86,76 dan pada tahun 2020 naik menjadi 87,82.

“Akan terus ditingkatkan diimbangi dengan peningkatan sarana prasarana dan SDM yang membidangi pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Pada masa pandemi Covid-19, telah disalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa sebanyak 1.562 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan BLT dari Kemensos RI sebanyak 873 KPM. Pada masa pandemi ini juga lahir 70 UMKM baru.

Pada kesempatan ini, juga diserahkan bantuan Hibah Lembaga Pendidikan untuk MI Al Khoiriyah, Jatirogo, Hibah Sarana dan Prasarana kepada HIPPAM Tirta Sumber Jaya Kenduruan, Tunjangan untuk Hufadzh, serta sejumlah paket sembako dari BPNT Daerah Kabupaten Tuban, Diskoperindag Tuban, Baznas Tuban dan Kemenag Tuban. [MCT/AM]